IAIN Kerinci yang Diselenggarakan oleh Fakultas Syari’ah Adakan Pengamatan GBT dan Shalat Khusuf

PENDIDIKAN912 Pembaca

Sungai Penuh-Maklumat Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Nomor : 042/LF-PBNU/I/2018 tentang
Gerhana Bulan Total 2018.

Di dalam maklumat tersebut yang berisi. “Musyawarah penyerasian hisab Lembaga Falakiyah PBNU di Jepara Jawa Tengah pada tanggal 13 s/d 15 Mei 2016 yang diikuti oleh para ahli ilmu Falak, Astronom dan ahli rukyah Nahdatu Ulama (NU), telah mengambil keputusan hisab jama’i berbasis tahqiqi-tadqiqi-‘ashri-kontemporer meliputi hisab awal bulan, Roshdul Qiblat, Gerhana, dan masalah Astronomis lainnya. Keputusan itu berlaku untuk masa beberapa tahun; diantaranya telah kami umumkan melalui penerbitan almanak tiap tahun”.

Musyawarah tersebut juga memprediksi bahwa pada hari rabu, tanggal 31 Januari 2018 insyaalah akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT), yang prosesnya akan terjadi beberapa fase, sebagai berikut :

1. Awal Gerhana Penumbra : 17:51:15 WIB
2. Awal Gerhana Bulan Sebagian : 18:48:27 WIB
3. Awal GBT : 19:51:47 WIB
4. Pertengahan/Puncak GBT : 20:29:49 WIB
5. Akhir GBT : 21:07:51 WIB
6. Akhir Gerhana Bulan Sebagian : 22:11:11 WIB
7. Akhir Gerhana Bulan Penumbra : 23:08:27 WIB

Di dalam Maklumat Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut juga menghimbau agar kaum muslimin, Nahdliyyin, Pengurus NU dan Lembaga NU di seluruh tingkatan dapat melaksanakan pengamatan Gerhana dan mensyiarkan secara syar’i dengan dzikir, sholat, khotbah, dan amal sholeh lainnya.

Selanjutnya dihimbau kepada seluruh jajaran Lembaga Falakiyah NU di seluruh tingkatan, agar melakukan koordinasi untuk melaksanakan pengamatan dan ibadah. Serta mendokumentasikan
proses Gerhana tersebut sampai purnama secara teknis-astronomis. Kemudian melaporkannya.

Berdasarkan Maklumat tersebut, Civitas Akademika IAIN Kerinci yang diselenggarakan oleh Fakultas Syaria’a akan adakan Pengamatan Gerhana Bulan Total (GBT) dan Shalat Khusuf.

Kegiatan ini akan di ikuti oleh seluruh Civitas Akademika IAIN Kerinci dan bersama masyarakat pada hari rabu, 31 Januari 2017 M / 14 Jumadil Awal 1439 H, mulai pukul 17.50 WIB, di masjid Kampus Utama IAIN Kerinci Jl.Kapten Muradi Desa Sungai Liuk Kota Sungai Penuh.

Dalam kegiatan Shalat Khusuf yang menjadi Imam Dr. H. Ali Hamzah, M.Ag dan sebagai Imam Dr. H. Mohd. Rasidin, M.Ag.

Penulis :Dhy

BAGIKAN :