Dihadiri Ribuan Anak Jantan Anak Batino, Depati IV Alam Kerinci Nyatakan Siap Menangkan Zainal Arsal

POLITIK890 Pembaca

KERINCI – Ribuan masyarakat Kabupaten Kerinci tumpah ruah di lokasi acara Musyawarah Besar Depati IV Alam Kerinci dan pengukuhan tim pemenangan Zainal Abidin – Arsal Apri di Dermaga Danau Kerinci, Minggu (11/02) sore.

Pantauan di lapangan, selain ratusan tokoh adat Kerinci, turut hadir sejumlah tokoh Kerinci yakni, H Tafyani Kasim, Dasra MTP, Akmal Thaib, M Rahman, Ilyas Adnan, Maruf Kari, Candra Purnama, Husni Hasan, Nasrul Madin, H Kaharudin, Sabar, Munir SE, Syamsir Alam dan sejumlah tokoh lainnya.

Musyawarah Besar Depati IV Alam Kerinci beserta Kemerkan dan Anak Jantan Anak Batino memutuskan 3 poin kesepakatan.

Dihadapan ribuan warga, 3 poin kesepakatan itu disampaikan ditandatangani oleh 16 perwakilan Depati IV Alam Kerinci beserta Kemerkan yakni, Depati Atur Bumi Hiang, Depati Biang Sari Pengasi, Depati Rencong Telang Pulau Sangkar, Depati Muaro Langkap Tamiai, Depati Mudo Terawang Lidah Penawar, Depati Agung Lekuk 50 Tumbi Lempur, Depati Parbo, Depati Anum Tanjung Pauh, Depati Tanjung Pauh Tanjung Pauh Hilir, Depati Kuning Koto Payang, Depati Serah Bumi Seleman, Depati Gayur Lempur Danau, Depati Mudo Semerap, Depati Telago Pulau Tengah, Depati Jujun, Depati Nyato Talang Kemuning.

Baca Juga:  Tegakkan Keadilan, Senioritas Ditubuh Bawaslu Kerinci Harus Dihilangkan.

Kesepakatan itu dibacakan oleh Juru Bicara Depati IV Alam Kerinci yakni, Depati Terawang Lidah.
Berikut isi kesepakatan Musyawarah Besah Depati IV Alam Kerinci beserta Kemerkan:

“Berkat rahmat dan hidayah dari Allah Yang Maha Kuasa, Kami Depati Empat Alam Kerinci beserta Kemerkan, kok jauh lah di seru nan dekat lah diimbau, secara adat lamo pusaka usang, un tuk duduk salapik sehamparan di mmah gedang nan sebuah yang bertempat tanah sebingkah Depati Atur Bumi, bermusyawarah pada hari Minggu tanggal 11 (Sebelas) Februari 2018 (Dua Ribu Delapan Belas), untuk mencari kata mufakat, Sehingga lah tercapai. Bak pepatah adat mengatokan, Bulat Ayi di Pamuluh, bulat kato dimufakat, Pipih lah dapat dilayangkan, kok bulat lah dapat digulie, menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Mendukung dan mengawal sepenuhnya Fakta Integritas Kerinci Hilir Bersatu.

Baca Juga:  Tokoh Pemuda Dorong Calon Walikota Sungaipenuh dari Pondok Tinggi

2. Mengajum, mengarah, menghela, merentang, anak jantan anak betino dalam ulayat adat kita masing-masing, kok ka mudik kito serentak satang, kok ka ilie kita serengkuh dayung, seciok kito bak ayam, sedenting kita bak besi, serumpun kita bak serai, kok ka ateh kita sepucuk bulat, ka bawah kita se akar tunggal, untuk memilih dan memenangkan, anak jantan kita Zainal Abidin SH MH dan Arsal Apri menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kerinci periode tahun 2019 2024.

3. Menghimbau dan menugaskan ninik mamak beserta hulu balang unsur.

4(empat) Jenis untuk batakah naik bejenjang turun ke setiap rumah anak jantan anak betino untuk mengajum, mengarah di wilayah adat kita masing-masing untuk memilih Zainal Abidin SH MH dan Arsal Apri untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kerinci tahun 2019-2024.
Demikianlah keputusan kebulatan tekad ini dibuat dengan sebenarnya, untuk digunakan dipatuhi bersama.
Sanggaran Agung, 11 Februari 2018”. (Dhy)

BAGIKAN :