oleh

Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Pungut Tengah Bangun Irigasi

Kerinci-Saat ini, penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang lebih memadai menjadi fokus dalam peningkatan produksi pertanian, di antaranya melalui pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi.

Dalam pembangunan irigasi bisa dilakukan melalui Perkumpulan Petani Pemakai Air yang disebut (P3A).

P3A saat ini telah dilakukan di Desa Pungut Tengah Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Kamis, (08/03/2018).

Rudi Hamyani, selaku ketua P3A Desa Pungut Tengah saat ditemui di lokasi ia menyampaikan, pengerjaan irigasi ada dua lokasi yang dibangun, lokasi satu sudah rampung 100% dengan panjangnya 122 M dan lebar 120 CM, sedangkan lokasi yang ke dua masih dalam tahap membangun dengan panjangnya 86 M dan lebar 80 CM.

Baca Juga:  Usai Lebaran, Modus Perjudian Terhembus di Pasar Malam

“Biaya pemberdayaan P3A ini dari Provinsi yang bersumber dari APBN, APBD, dan sumber dana lain yang sah. Sedangkan kegiatan yang dilakukan oleh P3A pada prinsipnya dibiayai sendiri oleh P3A dan dalam pelaksanaan pengerjaan pembangunan ini melibatkan masyarakat Desa Pungut Tengah sebagai pekerjanya.” Tambahnya.

Terjaminnya penyedia air irigasi di desa ini diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang mengelola atau memelihara jaringan irigasi dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut air irigasi di tingkat usaha tani.

Rizal, salah satu tokoh masyarakat mengucapkan terimakasih atas dibangunnya irigasi di Desa Pungut Tengah guna akses sumber daya air untuk pertanian dan persawahan.

Penulis : Don/Pit
Editor :Dhy



BAGIKAN :

Berita Terkait