oleh

Cerita Rakyat : Misteri Makam Mucek Bertuah Sungai Penuh-Kerinci

Ket. Foto : Penulis Ridwan

ExploreNews.net, Artikel-Diceritakan, konon dahulu kala di desa Koto Pudung Tanah Kampung tinggallah seorang laki-laki berciri bangsawan. Salah satu adalah bukti sejarah makam di atas Mucek dalam desa Koto Pudung, makam tersebut sampai sekarang belum dapat ditelusuri atau diungkap oleh para ahli purbakala maupun juru kunci Makam Mucek tersebut oleh warga masyarakat desa Koto Pudung. Apakah Misteri itu? Tak lain dan tak bukan adalah seputar pertanyaan, mengapa makam ini ada di atas Mucek di desa Koto Pudung dan siapakah sosok orang itu?. Jawaban pertanyaan ini sampai sekarang belum ada yang mengetahui dengan pasti, menurut cerita dan data sejarah, baru pada tahun 1978 seluruh tanah Mucek Bertuah diketemukan, kecuali Dangau Bahunnya (Gubuk), makam ini diketemukan dalam keadaan tertimbun oleh semak belukar dan sebagiannya lagi sudah diperbaiki dan ditinggikan.

Pada tahun 1980 diadakan pemugaran atau perbaikan sehingga terlihat sebagaimana sekarang ini. Melihat dari dekat keberadaan makam ini, maka kita akan melihat pemandangan alam yang begitu indah dan sejuk di sekitar makam tersebut, jika diperhatikan makam ini penuh dengan semak belukar dan pepohonan yang rimbun seperti hutan Rimba. Tentu saja semuanya mempunyai maksud tersendiri. Digambarkan, makam ini berdiri di atas tanah tempat yang ditinggikan dengan memaknai seorang bangsawan. Dengan harus dilakukan penelitian yang lebih baik, kita semua berharap semoga makam ini yang memiliki nilai historis yang tinggi serta adanya daya magis sejarah di masa lampau desa Koto Pudung dapat dikembalikan seperti sediakala.

Dengan demikian, sebagai generasi penerus kita dapat melihat hasil karya kejayaan nenek moyang kita terutama bagi desa Koto Pudung Tanah Kampung kota Sungai Penuh di masa lalu untuk diteruskan kejayaannya dan bangkit dari keterpurukkan negeri desa Koto Pudung ini. Semoga demikian adanya.

Baca Juga:  Bincang Santuy Tema: "Entrepreneurship as The Spirituality of The Younger Generation In The New Normal"

Di atas Mucek ini di desa Koto Pudung Mucek tersebut atau lebih dikenal dengan sebutan nama kata orang terdahulu dengan sebutan nama “TAMAN NAGA LINTAH BERTUAH “ tapi sayangnya, kondisi taman atau makam tersebut yang terletak lebih kurang 200 Meter dari jantung desa Koto Pudung ini, kini nampak tidak terawat. Dedaunan kering berserakan dan mengotori makam tersebut juga dangaunyapun atau gubuk makam tersebut sudah rusak oleh diterpa angin, hujan, panas dan lapuk dimakan oleh rayap serta tidak terawat dengan baik, makam tersebut memiliki ke istimewaan lain, salah satunya terkait dengan kondisi makamnya yang tanahnya sangat subur dan bertuah.

Menurut cerita, semasa hidupnya beliau yang gagah, tampan, dan berani, serta memiliki julukan “BATUWIUH “ artinya Bertuah atau Sakti. Mungkin inilah yang mengilhami Tanah Tinggi Mucek Batuwiuh. Beliau ini adalah juga tokoh yang sangat disegani dan sakti, ini tak diragukan lagi, karena selain sakti dan dan memiliki ilmu bertuah.

Namun pendapat cerita lain menyatakan bahwa beliau cenderung identik dengan para Depati yang juga tokoh pejuang pada tahun 1903. Babad cerita menyebutkan tak ada satupun yang tahu nama asli beliau ini dan kemudian memerintah dalam waktu yang sangat lama, serta memiliki keturunan muslim dari CAMPA dan jumlah selirnya banyak sekali dari mereka. Menurut Cerita lama.

Pada edisi perdana ini Penulis tidak hendak menuliskan sosok beliau semasa hidup, melainkan menceritakan sekilas seputar makam misteri di atas Tanah Mucek Bertuah di dalam desa Koto Pudung kecamatan Tanah Kampung kota Sungai Penuh Kerinci Jambi. Ada apa dengan makam tersebut di atas Tanah Mucek ini?, dan siapakah Sosok beliau ini?, jika ada masyarakat warga desa Koto Pudung yang bisa memberikan Informasi ini silahkan kritik dan saran dipublikasikan di desa ku Koto Pudung tentang kisah cerita lama orang terdahulu yang bisa di percaya dan orang tua alim ulama dalam desa Koto Pudung untuk memberikan saran kepada desa ku Koto Pudung. Agar kita semua tidak salah paham dan mari kita benahi cerita tersebut dan berbagi cerita.

Baca Juga:  Bincang Santuy Tema: "Entrepreneurship as The Spirituality of The Younger Generation In The New Normal"

Pada tanggal 27 November 2007, penulis berziarah ke makam tersebut ditemani kerabat dan orang yang lama tinggal di desa Koto Pudung yang setia menemani penulis dengan berbagi cerita sambil ngobrol menceritakan beberapa kisah yang pernah diketahuinya semasa hidupnya yang mengalami dan pernah mendengar cerita kisah misteri makam mucek bertuah tersebut. Dan suasana di sekitar Mucek ini cukup sepi dan lengang tampak puluhan orang lalu lalang lewat di depan samping makam tersebut. Tentu saja para warga itu memiliki tujuan beragam saat lewat, dan ada yang sekedar ingin jalan saja dan ada yang kesawah atau ke ladang di sekitar mucek tersebut, tapi tidak sedikit pula yang datang.

Demikianlah kisah cerita tersebut penulis ucapkan banyak terima kasih, sekian sampai jumpa di kisah cerita rakyat asal usul desa Koto Pudung dan Tanah kampung.

Jangan lupa simak cerita selanjutnya di ExploreNews.net

Penulis: Ridwan

Berita Terkait