oleh

Gelar PDWK, Afrianto : Kegiatan Bertujuan Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran di Madrasah

Explorenews.net -Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang menggelar Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang, Drs. H. Khoirul Amani, MA di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci, Senin (24/8/2020).

Pembukaan berlangsung sukses, dihadiri Kasubbag TU, Kepala Seksi, Penyelenggara, Pengawas, dan beberapa pejabat lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci.

Ketua Panitia Penyelenggara, Afrianto, S.Ag., MA dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di Madrasah. Kegiatan akan dilaksanakan dari Senin, 24 Agustus 2020 sampai dengan Sabtu, 29 Agustus 2020 dengan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga:  Serap Aspirasi, Fikar Azami Ajak Warga Berdiskusi

”PDWK dilaksanakan selama 6 hari dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak,” kata Afrianto.

Lanjut Afrianto, adapun peserta berjumlah 30 orang adalah Guru Madrasah Negeri dan Swasta yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana PMA Nomor 43 tahun 2016 tentang Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan pada Kementerian Agama.

”Beberapa persyaratan bagi peserta yaitu, Guru Madrasah Negeri atau Swasta minimal pangkat III/c, belum pernah mengikuti Diklat tersebut dalam 4 tahun terakhir (PMA Nomor 43 tahun 2016), dan diutamakan yang akan mengusulkan kenaikan pangkat dalam waktu dekat,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci, Firdaus, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan berharap agar peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya meskipun ditengah suasana pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Breaking news!! Salah Seorang Pasien Terkonfirmasi Positif Covid 19 di Kerinci Meninggal Dunia

”Terima kasih, pelatihan ini sangat bermanfaat terutama bagi peserta, semoga kegiatan ini berlangsung sukses sebagaimana yang telah direncanakan, dan peserta dapat mengikuti serta mengambil tiap pelajaran yang didalamnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang, Drs. H. Khoirul Amani, MA dalam arahannya ketika membuka kegiatan mengungkapkan pentingnya karya tulis ilmiah dengan menggunakan pengalaman Guru sendiri, yaitu dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas.

”Kami berharap dengan adanya PDWK Penelitian Tindakan Kelas akan muncul penulis-penulis baru di Madrasah, dengan merencanakan, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan,” ungkapnya.

Berita Terkait