oleh

Kunjungan Kerja Gubernur Jambi, Kampanye GEMARIKAN di Tanjung Pauh Mudik Berjalan Lancar

Explorenews.net – Kegiatan Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan (GEMARIKAN) sekaligus kunjungan kerja Gubernur Jambi di kabupaten kerinci, berjalan lancar dan sukses dari awal hingga akhir, Sabtu (19/9/2020).

Mengambil tempat di Desa Tanjung Pauh Mudik kecamatan Danau Kerinci Barat Kabupaten Kerinci, kegiatan GEMARIKAN bersama Fachrori Umar (Gubernur Jambi) didampingi oleh Sekda Asraf, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi Tema Wisman, ketua Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an, Zulherman dan para undangan lainnya.

Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi Tema Wisman, menyampaikan
kegiatan hari ini adalah kampanye memasarkan masyarakat gemar makan ikan dengan tema Ayo makan ikan agar sehat, kuat dan cerdas.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini dalam provinsi, Alhamdulillah tahun 2020 kabupaten kerinci yang pertama kali kami laksanakan dengan tujuan agar masyarakat anak anak gemar makan ikan hingga jauh dari stunting.

Baca Juga:  Serap Aspirasi, Fikar Azami Ajak Warga Berdiskusi

“Adapun tujuan dari Gemarikan ini adalah agar anak anak gemar makan ikan supaya meningkatkan kecerdasan dan di jauh dari stunting,”jelasnya.

Disamping itu Sekda Asraf dalam sambutannya, pada saat ini kita mengadakan acara GEMARIKAN yang bertujuan untuk membangun kesadaran gizi, kecerdasan. Karena kita ketahui ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak anak sehingga masyarakat khususnya untuk mendorong gemar memakan ikan.

“Ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi mengandung omega 3 yang cukup baik bagi kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama periode emas atau 1.000 tahun pertama kehidupan,”tandasnya.

Gubernur Jambi Fachrori Umar dalam arahannya menyampaikan, Mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, karena pada dasarnya, kegiatan ini merupakan upaya untuk mewujudkan generasi muda Indonesia pada umumnya dan provinsi Jambi khususnya yang kuat, sehat dan cerdas.

Baca Juga:  Pagi Tadi Semburkan Asap Tebal, Status Gunung Kerinci Tak Berubah

“GEMARIKAN ini akan dilaksanakan terus menerus dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa mulai dari pihak pemerintah, masyarakat, Dunia usaha maupun akademisi,”beber Gubernur Jambi.

Ia juga menyampaikan, GEMARIKAN ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya makan ikan bagi kecerdasan dan kesehatan dan sasaran utama dari kegiatan ini daerah pedesaan dan perkotaan dengan tingkat konsumsi ikan rendah, serta daerah dengan kasus gizi buruk.

“GEMARIKAN ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya makan ikan bagi kecerdasan dan kesehatan,”tutupnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis untuk beberapa kelompok tani yang ada di Kabupaten Kerinci.

Berita Terkait