Targetkan Desa Mandiri dan Percepatan Dana Desa, Ratusan Operator Siskaudes di Kerinci Dilatih

Explorenews.net – Beberapa Tahun terakhir ini, Kabupaten Kerinci sering menjadi sorotan, dikarenakan sering terlambatnya penyaluran Dana Desa.

Hal tersebut salah satu penyebab nya yakni dikarenakan masih banyak Perangkat Desa yeng merupakan pembantu Kades dalam melaporkan keuangan saat ini menggunakan aplikasi Sistim Keuangan Desa (Siskeudes), belum mampu untuk mengaplikasikannya.

Untuk menanggapi masalah tersebut, pada pertengahan Tahun 2020 ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kerinci melakukan pelatihan terhadap Ratusan operator Perangkat Desa. Dengan target percepatan pencairan Dana Desa dan menjadikan Desa yang mandiri.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas PMD Kerinci, Syahril Hayadi, melalui Kabid Keuangan dan Aset, Kem Devid. Dimana pada Tahun 2021, pihaknya menargetkan Pada awal Tahun Dana Desa sudah ditransfer ke rekening Desa. Sehingga, para Kepala Desa bisa dengan cepat melakukan kegiatan di Desa untuk membangkitkan kembali ekonomi warga ditengah wabah Covid-19.

Baca Juga:  SK Dibatalkan, Dugaan Uang Jutaan Diterima Kabid Damkar Perekrutan Anggota Baru

“Biasanya, pencairan Dana Desa diawal bulan Juli, bahkan Agustus. Sehingga untuk tahun selanjutnya menjadi terlambat. Karena, banyak Perangkat yang belum mampu melaporkan keuangan dengan menggunakan Aplikasi Siskeudes,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pada kegiatan tersebut mengambil langsung sebagai narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jambi, dengan harapan setelah pelatihan ini Kades dan Operator Siskeudes bisa menerapkan langsung dimasing masing Desa dan mampu secara mandiri menyusun APBDes secara mandiri, dan harus mampu mengelola keuangan tepat waktu sesuai yang diinginkan.

“Namun kegiatan ini dilaksankan, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid 19, yakni sepanjang acara selalu memakai masker, jaga jarak, dan sediakan cuci tangan,” tambahnya.

Baca Juga:  Respon Keluhan Warga, Pj Bupati Kerinci Asraf Turun Langsung Ke Lokasi Objek Wisata

Sementara itu Aswardi, Sekretaris PPDI Provinsi Jambi, dan sekaligus menjadi Ketua Umum PPDI Kabupaten Kerinci yang juga sekaligus Peserta Bimtek nyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti pelatihan ini.

” Pelatihan ini tentu merupakan pelatihan yang penting dalam pengelolaan keuangan desa dengan mengoptimalkan kinerja Operator desa dengan Cepat dan tepat, ” Ujarnya.

Dikelas pemula, Doli menyampaikan Selama pelatihan yang diselengarakan Kinerja dan Efektabilitas Penganggaran dan pengunaan dana desa bisa dilakukan dengan tepat dan akurat.

“ucapan terimakasih kami kepada Fasilitatod Dari BPKP Provinsi Jambi,PMD Kabupaten Kerinci dan APDEsi yang telah mempasilitasi kami operator desa sehingga pelatihan ini sangat bermamfaat dan diselengarakan dengan sukses dan lancar,” Imbuhnya.

BAGIKAN :