Nah, Kerinci Duduki Juru Kunci MTQ Tingkat Provinsi

Explorenews.net -Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-50 Tingkat Provinsi Jambi selesai digelar. Kamis (7/10) malam seremonial penutupan digelar. Untuk Kabupaten Kerinci, tampaknya masih belum berhasil mempersembahkan prestasi gemilang. Faktanya posisi Kerinci duduki juru kunci ataupun peringkat terakhir.

Berdasarkan SK Dewan Juri Nomor 05 Tahun 2021, tertanggal 7 Oktober 2031 yang diperoleh kayonews.id, kafilah asal Kabupaten Kerinci belum berhasil menjuarai 9 cabang yang dilombakan, mulai dari cabang Tilawah, Hifzhil Qur’an, Tafsiril Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, MMQ dan Barzanji.

Dari semua cabang tersebut, tidak satupun yang berhasil dijuarai kafilah dari Kerinci untuk juara 1, 2 dan 3. Baik tingkat dewasa, remaja, maupun anak-anak.

Hasil ini tentu menjadi bahan evaluasi penting bagi Pemerintah Daerah, mengingat pada tahun-tahun sebelumnya, juga bertengger diurutan buncit. Dan tahun ini, kembali diurutan terakhir. Mirisnya lagi, dari rekap juara, untuk Kerinci 0 juara.

Baca Juga:  Nah!! Bawaslu Kerinci Keluarkan Status Laporan Pemilu Tidak Terbukti, Hanya Kode Etik Melanggar

Sedangkan Kota Sungaipenuh, juga belum membanggakan. Berdasarkan SK dewan juri, kafilah Kota Sungaipenuh hanya berhasil menjuarai satu cabang lomba, yakni juara 1 Cabang Tilawah golongan Qira’at Murattal Dewasa, atas nama Ali Musinin.

Sementara untuk juara umum pada MTQ kali ini, diraih oleh Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dengan perolehan prestasi juara 1 sebanyak 75, juara 2 sebanyak 18 dan juara 3 sebanyak 10. Disusul Kota Jambi diurutan dua, dan Batang Hari diurutan 3.

Kemudian, urutan keempat Tanjung Jabung Timur, Muaro Jambi, Sarolangun, Tebo, Merangin, Bungo. Lalu Kota Sungaipenuh urutan ke 11, dan Kabupaten Kerinci urutan 12 atau yang terakhir.

“Ini perlu menjadi perhatian serius pemerintah. Apalagi kali ini 0 juara, ini sangat prihatin sekali. Harus segera dievaluasi, ” ungkap salah seorang warga Kerinci

BAGIKAN :