oleh

Laksanakan Pelatihan, Kades Efdal : Mudah mudahan Para Peserta Setelah ini Bisa Membuka Usaha Sendiri

Explorenews.net -Pemerintah Desa Gedang, Kecamatan Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi, kembali melaksanakan pelatihan pemberdayaan masyarakat, dilaksanakan selama 25 hari, pelatihan diikuti oleh 12 Perseta yang mewakili tiap-tiap RT yang ada di Desa Gedang,

Pelatihan yang rencana akan dilaksanakan Diantaranya adalah pelatihan Membatik, Tata boga dan Menjahit.

Salah satu kegiatan yang mulai dilaksanakan di Desa Gedang pada saat ini adalah Pelatihan menjahit.

Pelatihan menjahit ini sendiri dibuka langsung oleh Kepala Desa Gedang Kecamatan Sungai Penuh, Ir. Efdal Taufik, Rabu (13/10/2021).

Kepala Desa Gedang, menyampaikan ke media ini, Kegiatan pelatihan menjahit bagi ibu rumah tangga ataupun bagi anak remaja ini dilaksanakan melalui bidang Pemberdayaan Desa setempat, yang dananya diambil dari dana Desa.

“Kegiatan pelatihan menjahit ini, merupakan program pemerintah Desa Gedang melalui bidang pemberdayaan desa guna untuk meningkatkan keterampilan bagi warga desa gedang itu sendiri, Oleh sebab itu diperlukan perhatian yang serius dari pemerintah desa untuk dapat menyelenggarakan pelatihan kerja untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktifitas dan kesejahteraan keluarga,”ujar Kades Efdal

Baca Juga:  Menkumham Yasonna: Mari Berperan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Pelatihan yang dilaksanakan kali ini pesertanya akan diberi keterampilan dasar menjahit dan mengobras. Dengan harapan materi dan praktek pelatihan yang disampaikan nanti dapat menjadi bekal yang berguna bagi para peserta dan dapat membuka lapangan kerja secara mandiri, disamping itu juga dapat membantu menambah pendapatan keluarga.

“kepada para peserta diharapkan dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik baiknya, agar ilmu yang didapat bisa membantu penambahan pendapatan Keluarga nantinya,”harapnya.

Kades Desa Gedang Efdal Taufik, juga menjelaskan, bahwa dirinya beserta perangkat mencoba melakukan terobosan untuk mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan yang dipilih berupa pelatihan menjahit, mengingat potensi SDM warga Desa Gedang cukup besar dalam bidang tata busana.

Baca Juga:  Kementerian Hukum dan Ham Dukung Akselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional

“Kegiatan semacam ini diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. Ini sudah menjadi komitmen bagi Pemerintah Desa Gedang untuk selalu menganggarkan kegiatan pemberdayaan masyarakat,”beber Kades Efdal.

Dikatakannya lagi, berkat adanya pelatihan menjahit tahun lalu, peserta pelatihan Alhamdulillah sudah banyak yang berhasil membuka usaha sendiri dan juga menjahit pakaian Jadi yang di pajang di tokoh-tokoh.

“Alhamdulillah Dengan adanya Pemberdayaan Masyarakat Pelatihan menjahit tahun sebelumnya sudah banyak yang berhasil malah ada yang sudah membuka usaha sendiri, dan mudah mudahan tahun 2021 ini para peserta pelatihan bisa berhasil membuka usaha sendiri setelah pelatihan ini,”ungkap Kepala Desa Gedang Efdal.



BAGIKAN :

Berita Terkait