oleh

Festival Kerinci ke XIX Akan Digelar, Ini Jadwalnya

Explorenews.net -Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada 7 hingga 9 November 2021 akan menggelar Festival Kerinci ke XIX. Pada tahun 2020 lalu, Festival Kerinci tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

Didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi serta Kementerian Pariwisata RI, Festival Kerinci merupakan ajang promosi dan pelestarian kepariwisataan Kabupaten Kerinci, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kuliner.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci Juanda Sasmita mengatakan, Festival Kerinci yang masuk dalam kelender Nasional akan dilaksanakan secara langsung dan virtual.

Juanda menyebutkan, kegiatan Festival Kerinci ke XIX nantinya akan dipusatkan di kawasan Dermaga Danau Kerinci. Ada beberapa lomba dan kegiatan yang dilaksanakan, seperti penampilan tari massal, seni tradisi, lomba lagu daerah, lomba kuliner tradisional, lomba video pendek dengan tema pariwisata dan kebudayaan Kerinci, serta stan pameran Kerinci Expo.

Baca Juga:  Parah, Ingin Jadi Kontraktor, Proyek Aspirasi Dewan di Kerinci Dikerjakan Oknum Kades

“Pembukaan akan dihadiri pihak Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan RI, Gubernur Jambi dan tamu undangan lainnya,” kata Juanda, ke awak media.

Juanda menambahkan, untuk kriteria peserta lomba lagu Kerinci adalah warga Kerinci dan umum, lagu disiapkan panitia. Sedangkan untuk seni tradisi Kerinci adalah peserta sanggar-sanggar seni dalam Kabupaten Kerinci, menampilkan kesenian tradisi, peserta tidak dibatasi usia, Jumlah personil maksimal 15 orang dan lama tampilan peserta 10 sampai 15 menit.

“Untuk lomba kuliner tradisi, peserta dari OPD, Kecamatan dan Umum, makanan siap disajikan dilokasi lomba, menyajikan makanan tradisi. Kemudian untuk lomba video pendek dengan tema Pariwisata dan kebudayaan Kerinci, belum pernah di publikasikan, video berdurasi 2 sampai 5 menit dan video dikirim ke email kebudayaankerinci12821@gmail.com paling lambat 6 November 2021,” jelasnya.

Baca Juga:  Promosi Wisata, Ini Cerita Fuad Hijri Membangun Piknik Kerinci

Dikatakannya pagi, Festival Kerinci nantinya akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat.

“Nanti di lokasi kegiatan akan kita siapkan tempat cuci tangan, handsanitaizer dan alat pengukur suhu tubuh. Kita minta kepada seluruh peserta dan masyarakat yang akan menyaksikan Festival Kerinci ini untuk mematuhi prokes Covid-19,” pungkasnya



BAGIKAN :

Berita Terkait