oleh

Tabur Puluhan Ribu Benih Ikan, Tema Wisman Harapkan Keseimbangan Ekosistem Perairan

Explorenews.net -Pergelaran Festival Kerinci ke XIX kali ini pemerintah daerah Kerinci memberikan tema dengan festival kerinci XIX tahun 2021, Kita tingkatkan Inovasi dan Kreativitas untuk meningkatkan Ekonomi Masyarakat, yang dihadiri langsung Gubernur Jambi, Para bupati – Walikota tetangga dalam provinsi Jambi, DPRD Kabupaten Kerinci, para Unsur Forkopimda dan Forkopimda Kabupaten Kerinci.

Pergelaran event tersebut pemerintah kabupaten kerinci menampilkan tari massal – penampilan Seni Tradisi – lomba Lagu Daerah – lomba Kuliner Tradisional – Stant Pameran Kerinci Expo dan Lomba video pendek tema pariwisata dan kebudayaan Kerinci.

Bukan hanya event di atas, festival kerinci kali ini, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi, menebarkan beberapa benih ikan di Danau Kerinci.

Penebaran benih ikan ini dilakukan oleh Gubernur Jambi Al Haris, Bupati Kerinci, Wakil Bupati kerinci, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi, Kadis Perikanan Kabupaten Kerinci dan beberapa kepala OPD.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi Tema Wisman, ke media ini, Selasa (9/11/2021) setelah menghadiri HUT Kabupaten Kerinci, menyampaikan, pada pembukaan festival Kerinci, bersama Pak Gubernur Jambi Al Haris, Bupati Kerinci dan rombongan lainnya melakukan penaburan benih ikan di Danau Kerinci, dengan tujuan menjaga keseimbangan lingkungan ekosistem perairan dan meningkatkan pendapatan nelayan yang ada di Kabupaten Kerinci.

Baca Juga:  Menteri Muhadjir Effendy Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana di Sungaipenuh

“Dengan adanya Penaburan benih ikan ini, setidaknya bisa membantu perekonomian nelayan yang ada di Kabupaten Kerinci,”ujar Tema Wisman.

Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi, Tema Wisman, juga menambahkan, pada pelaksanaan ini ada 3 jenis benih ikan yang ditaburkan dengan total keseluruhan 20.000 ekor.

“Sebanyak 20.000 benih ikan yang ditaburkan di Danau Kerinci, semah 10.000, betok 5.000, medik 5.000 ekor,”bebernya.

Dikatakannya lagi, pada HUT Kota Sungai Penuh ke 13, dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi, memberikan Bantuan benih ikan untuk Kota Sungai Penuh.

“Sebanyak 10.000 benih ikan semah juga di serahkan secara simbolis oleh pak Gubernur Jambi untuk uji coba budidaya ikan semah d Kota Sungai Penuh yg berlokasi di RKE, pada saat ini baru disalurkan 5.000 ekor, karena masih uji coba, “jelas Tema Wisman.

Baca Juga:  Rasa Peduli, DPD Partai Nasdem Kota Sungai Penuh Beri Bantuan untuk Korban Kebakaran

Putra asli Kabupaten Kerinci ini, juga menyampaikan, pada Senin (8/11/2021) Pak Gubernur Jambi Al Haris panen ikan lele di kampung perikanan Kota Sungai Penuh bersama Wako Ahmadi, Wawako Antos dengan hasil panen tersebut langsung di beli oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi jambi untuk di serahkan lagi ke masyarakat yang terdampak pandemi, ponpes, panti asuhan.

” Sebanyak 500 kg hasil panen ikan lele di Kampung Perikanan Kota Sungai Penuh, yang di beli oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi, dan hasil pembelian di berikan untuk bantuan masyarakat yang terdampak pandemi, untuk Pondok Pesantren, Panti asuhan,”ungkap Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi.

“Kegiatan pemberian dan Penaburan benih ikan ini bertujuan dalam rangka pemulihan ekonomi daerah, bantuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jambi Al Haris,”tutup Tema Wisman.



BAGIKAN :
Writer: Ade PutraEditor: Explorenews.net

Berita Terkait