oleh

Tingkatkan Kapasitas Perangkat dan BPD, 5 Desa Kedepatian Semerap Laksanakan Pelatihan

Explorenews.net -5 Desa Kedepatian Semerap (Desa Semerap, Koto Tengah, Pasar Semerap, Koto patah dan koto baru semerap Kecamatan Danau Kerinci Barat Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, laksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa, BPD dan Pengelolaan BUMDES, Selasa (28/12/2021).

Mengambil tempat di Desa Pasar, Pelatihan yang bertujuan agar dapat diterapkan dalam membangun Desa ini dihadiri oleh, Kadis PMD Syahril Hayadi, Kabid Kabid ASET dan Keuangan Kemdepit dan Camat Danau Kerinci Barat Dafrisman.

Kades Koto Tengah, Zulfahmi, mengatakan, hari ini, kami 5 Desa Kedepatian Semerap melaksanakan pelatihan yang diikuti oleh seluruh BPD, Perangkat Desa dan di hadiri langsung oleh Kadis PMD Syahril Hayadi, yang sekaligus sebagai pemateri.

Baca Juga:  Diterima MA, Yusuf Sagoro Mantan Anggota Dewan Kerinci Dibebaskan dan Tidak Bersalah

“Terima Kasih kepada Bapak Kepala Dinas Pemdes Kabupaten Ketinci sudah meluangkan waktu dan kesempatan untuk hadir di 5 desa kedepatian semerap sekaligus membuka langsung dan menyampaikan Materi,”ujar Kepala Desa Koto Tengah

“Kehadiran Kadis PMD di 5 Desa Kedepatian Semerap merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat 5 lima desa,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis PMD Syahril Hayadi, mengatakan, Kepala desa dan perangkatnya bahkan BPD mempunyai tugas berat dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa. Jadi dengan adanya pelatihan seperti ini sedikit banyak akan menjadi titik awal dalam proses membangun Desa khususnya di 5 Desa Kedepatian Semerap.

“Pertumbuhan dan kemajuan Desa tugas para pengembang amanah, mari untuk para Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD di 5 Desa Kedepatian Semerap bersama membuat perubahan untuk Desa nya sendiri pastinya,”ujar Syahril Hayadi.

Baca Juga:  Al Haris: Pramuka Membentuk Karakter Generasi Muda

Dikatakannya lagi, Pemegang amanah Kades, Perangkat Desa untuk saat ini Desa dituntut mampu mengelola anggaran pemerintah yang nilainya cukup besar, Sehingga Kades dan perangkatnya mesti lebih meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai kegiatan pelatihan ataupun bimbingan teknis (Bimtek). Termasuk kegiatan peningkatan SDM aparatur desa ini dinilai sangat membantu dalam peningkatan kapasitas dan kemampuan perangkat desa.

“Mengelola Anggaran saat ini para Kepala Desa dan Perangkatnya harus meningkatkan SDM, maka dengan pelatihan seperti Bimtek ini setidaknya bisa menambah kemampuan untuk bisa meningkatkan kapasitas dan kemampuan,”tutupnya.



BAGIKAN :

Berita Terkait