Permasalahan Banjir Kota Jambi, Gubernur Al Haris: Akan Ditangani Terintegrasi

Explorenews.net Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi akan ikut berupaya untuk menangani permasalahan banjir yang kerap terjadi di Kota Jambi.

Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan penanganan banjir di Kota Jambi yang kerap terjadi ketika hujan lebat ini, akan ditangani secara terintegrasi. Sebab, terdapat tiga kewenangan terhadap masalah air melimpah dari drainase ini.

Gubernur Al Haris menjelaskan kewenangan persoalan banjir terdapat pada saluran primer yang ditangani pemerintah pusat. Lalu sekunder pada kewenangan Pemerintah Provinsi serta tersier pada pemerintah Kota Jambi.

Gubernur Al Haris meyakini ketika tiga kewenangan ditangani secara seksama permasalahan akan terurai, walaupun sekunder sudah mulai ditarik pemerintah pusat.

“Tapi saya sebagai wakil pemerintah pusat ingin sama-sama, balai apa tugasnya, pemprov apa, dan Kota Jambi apa. Sehingga sistem terbangun baik dan kita keroyok ramai-ramai,” kata Gubernur Al Haris, Jumat (3/6/2022) kemarin.

Baca Juga:  Jelang Berbuka, Jajaran Sat Samapta Polres Merangin Bagi Taqjil untuk Pengguna Jalan

Gubernur Al Haris menyebutkan hal ini harus ditangani serius karena merupakan persoalan mendesak yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat. “Tugas kita memastikan Kota Jambi jangan lagi ada banjir kedepannya,” ucapnya.

Untuk upaya penanganan banjir yang akan ditempuh, Gubernur Al Haris menjelaskan seperti harus ada upaya pendangkalan drainase. Meskipun ia mengakui tak mungkin diterapkan penghentian pembangun. Namun lebih ke pengaturan pembuangan limbah dan sampah yang semakin banyak.

“Intinya ini butuh diatur saja sebetulnya, butuh aturan saja secara bijak. Kita sering banjir datang dan kita ngeh, artinya Pemerintah Pusat, Pemprov dan Kota harus saling bersinergi antisipasi dini, itu saja,” sebutnya.

BAGIKAN :