Workshop Penyusunan TOR RAB, Jafar Ahmad: Ciptakan dan Bangun Pengelolaan Keuangan yang Baik di IAIN Kerinci

Explorenews.net KERINCI – Satuan Pengawasan Internal (SPI) IAIN Kerinci menyelenggarakan Workshop Penyusunan Pedoman TOR, RAB dan laporan kegiatan serta SOP pengajuannya di IAIN Kerinci tahun 2022.

Kegiatan diselenggarakan di Aula Arafah Hotel, Sabtu – Minggu, 25-26 Juni 2022 bertujuan menghasilkan pedoman TOR dan RAB serta SOP pengajuan,serta menghasilkan Pedoman dan SOP review TOR, RAB dan laporan kegiatan IAIN Kerinci tahun 2022.

Ketua pelaksana m.eval Setiawan M.pd bersama narasumber Sri adella fitri S,E ,M.Si saat workshop IAIN kerinci
Ketua Pelaksana M. Eval Setiawan, M.Pd mengatakan kegiatan ini dimaksudkan memperkuat pemahaman dalam upaya preventif untuk mengatasi kesalahan dalam penyusunan rencana anggaran kegiatan hingga pelaporan kegiatan. Selain itu, dapat meningkatkan kemampuan dalam menyusun TOR RAB dan laporan kegiatan sesuai dengan aturan terbaru.

Sementara itu, Kepala SPI Dr. Laswadi, M.Pd menyampaikan kegiatan workshop penyusunan pedoman Tor dan RAB bertujuan untuk mengupdate dan meningkatkan kemampuan pengelola keuangan dalam penyusunan Tor dan RAB; pengelolaan keuangan; penyusunan laporan keuangan dan sinegisitas dengan SPI.

Baca Juga:  HUT RI ke-77, 127 WBP di Rutan Sungai Penuh Dapat Remisi

“Dengan meningkatnya kemampuan ini maka akan lebih mengarahkan pengelolaan keuangan IAIN Kerinci menuju terpenuhinya indikator good governance, ” katanya saat sambutan

Disamping itu, Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan perencanaan keuangan Dr. Jafar Ahmad , S.Ag, M.Si mewakili Rektor IAIN Kerinci saat membuka workshop mengatakan sangat mendukung kegiatan ini dalam menciptakan dan membangun sistem pengelolaan keuangan yang baik di IAIN Kerinci.

“kami sangat mendukung kegiatan ini dalam menciptakan dan membangun sistem pengelolaan keuangan yang baik di IAIN Kerinci dan mudah-mudahan IAIN kerinci bisa menggali informasi yang dibutuhkan dari UIN Batusangkar khususnya dalam materi terkait,”ujar Jafar Ahmad mantan Ketua ombudsman Provinsi Jambi ini

Narasumber Sri Adellia Fitri, S.E., M.Si menjelaskan, dasar kegiatan SPI adalah SPI charter yang di sahkan oleh Rektor. SPI berperan sebagai reviewer rencana kerja dan anggaran , bukan sebagai verifikator rencana kerja dan anggaran yg diajukan dari setiap fakultas, lembaga, dan unit lingkungan perguruan tinggi.

Baca Juga:  Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih, PWI Sungaipenuh Bagikan 1000 Bendera

“TOR RAB disusun sesuai kebutuhan dan efisien kegiatan. Disini SPI berperan sebagai reviewer. Pimpinan UIN Batusangkar mendukung penuh semua kegiatan SPI batusangkar. SPI harus bersinergi dengan unit/lembaga lain di perguruan tinggi seperti LPM, bagian keuangan dan perencanaan serta PTIPD. Ini gambaran SPI dr UIN Batusangkar. Semoga IAIN kerinci mampu menguatkan sistem perencanaan dan pelaporan keuangan, ” jelasnya

Adapun peserta Workshop seluruh bagian pengelola keuangan di Fakultas, Lembaga, dan Unit di lingkungan IAIN Kerinci. Dihari kedua Workshop mengambil terima penyusunan pedoman dan pelaksanaan review TOR, RAB dan Laporan kegiatan.

BAGIKAN :