Kenduri Sko 3 Desa di Koto Iman. “Mengembalikan Marwah Adat, Menjemput yang Tertinggal, Menyatukan yang Bercerai-berai”

Explorenews.net -Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Asraf Zain mewakili Gubernur Jambi menghadiri acara Kenduri Sko 3 Desa Koto Iman, Koto Salak dan Desa Agung Kecamatan Tanco Kabupaten Kerinci, Jum’at (29/7/2022).

Acara sakral Kenduri Sko 3 Desa Koto Iman, Koto Salak dan Desa Agung ini dilakukan 5 Tahun Sekali dan juga dihadiri langsung oleh Bupati Kerinci, Sekda Kerinci, ketua DPRD Kota Sungaipenuh, Anggota DPRD Jambi Hakiman, Rektor IAIN Kerinci, Camat Tanco dan forkopimda.

Kenduri Sko 3 Desa Koto Iman, Koto Salak dan Desa Agung, dengan Tema: “Mengembalikan marwah adat, menjemput yang tertinggal, menyatukan yang tercerai berai.”

Asraf Zain mewakili Gubernur Al Haris, mengatakan, Kenduri SKO merupakan kenduri adat masyarakat yang telah ada sejak zaman nenek moyang terdahulu. Kegiatan ini harus terus berkelanjutan karena Kenduri SKO ini kekayaan adat budaya Kerinci, serta tokoh masyarakat harus menetapkan dengan keputusan adat.

Baca Juga:  Wako Ahmadi Buka Secara Resmi Lomba Drumband Tingkat Kota Sungai Penuh

“Kita semua disatukan oleh adat, maka hendaknya kita harus melestarikan adat budaya yang ada, jangan sampai hilang ditelan oleh zaman, mari kita sama-sama menjaga rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat,”kata Mantan PJ Sekda Kabupaten Kerinci Asraf.

Kenduri SKO ini merupakan wahana untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan nikmatnya kepada seluruh lapisan masyarakat berupa hasil pertanian yang melimpah, pembangunan, kesehatan dan lain-lain. Kita implementasikan ini semua dengan mengadakan acara sedekah makan bersama dan memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT.

“Rasa syukur kepada Allah SWT jangan sampai terlupakan, yang telah memberikan rahmatnya, sehingga kita semua dengan mengadakan mendapatkan hasil panen, kesehatan dan kita semua dapat berkumpul bersama dengan makan bersama,”ujarnya.

BAGIKAN :