Januari Hingga Juli 2022, Imigrasi Kerinci Terbitkan 3.994 Paspor

Explorenews.net – Penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci meningkat tajam, sejak Januari hingga Juli 2022 ini penerbitan paspor mencapai 3.994.

“Penerbitan terdiri dari peruntukannya untuk kepentingan haji dan umrah, kemudian PMI, Kunjugan Keluarga, serta Wisata,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kerinci, Raden Indra Iskandarsyah, Kamis (25/8/2022).

Ditambahkan Raden Indra Iskandarsyah, dari 3 wilayah kerja Kanim Kerinci, yaitu Kab. Merangin, Kab. Kerinci, Kota Sungai Penuh, juga terdapat daerah tetangga dari Kab. Muko-muko, Tapan Pesisir Selatan, yang merupakan daerah terdekat dengan Kabupaten Kerinci melakukan permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kerinci.

“Alhamdulillah… Orang buat paspor di Kantor Imigrasi Kerinci tentunya nginap, makan dan transport di Kota Sungai Penuh, ini artinya Imigrasi Kerinci ikut dalam pembangunan atau meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci,” tambah Kakanim Kerinci.

Baca Juga:  Pengurus DPW GARPU Provinsi Jambi dan DPD GARPU Kota Sungaipenuh Partai Nasdem Resmi Dilantik

Selain itu, Kantor Imigrasi Kerinci juga melaksanakan program Eazy Paspor yaitu jemput bola ke masyarakat, untuk memberikan kemudahan dan pelayanan prima pembuatan paspor bagi warga di wilayah kerja Kanim Kerinci.

“Kantor Imigrasi Kerinci juga ada layanan paspor simpati yaitu pelayanan diluar jam kerja, seperti Pelayanan pada hari sabtu sehingga lebih memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat,” ucap Raden Indra Iskandarsyah.

Raden Indra Iskandarsyah menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh atau daerah sekitarnya, yang akan membuat Paspor untuk tidak menggunakan jasa Calo.

“Kami himbau masyarakat untuk melakukan permohonan paspor tidak melalui Calo, silakan yang bersangkutan datang langsung ke Kantor Imigrasi Kerinci. Jika seluruh dokumennya lengkap tetap kami terbitkan,” tegasnya.

Baca Juga:  Wawako Antos : Diseminasi Audit Kasus Dapat Menurunkan Angka Stunting di Sungaipenuh

Untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus paspor, Raden Indra Iskandarsyah mengimbau masyarakat harus melakukan prosedur pendahuluan melalui M-Paspor. Dalam aplikasi tersebut, pemohon akan mengisi formulir secara elektronik, mengunggah dokumen persyaratan, memilih jadwal kedatangan serta membayar permohonan paspor.

“Pemohon paspor yang sudah melewati tahap ini cukup hadir di kantor imigrasi pada tanggal yang telah dipilih untuk proses wawancara dan pengambilan data biometrik. Kemudian mengambil paspor yang sudah selesai dalam tiga hari kerja,” tutup Raden Indra Iskandarsyah.

BAGIKAN :