Wawako Antos Hadiri Kenduri Swarnabhumi di Tanjung Jabung Timur

Explorenews.net -Wawako Antos penuhi undangan Pemerintah Tanjung Jabung Timur, dalam rangka mengikuti rangkaian acara Kenduri Swarnabhumi yang telah resmi dimulai di Jambi, sejak 12 Agustus dan akan berakhir 22 September 2022.

Acara Kenduri Swarabhumi mengusung tema utama Peradaban Sungai Batanghari: Dulu, Kini, dan Nanti.

Kenduri Swarnabhumi merupakan kegiatan pemajuan kebudayaan Melayu, khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan 14 pemerintah daerah dan berbagai komunitas.

Sungai merupakan sumber kehidupan yang telah melahirkan berbagai peradaban dunia. Kenduri Swarnabhumi diselenggarakan untuk merevitalisasi kebudayaan akuatik di sepanjang DAS Batanghari.

Semoga dengan di gelarnya acara Kenduri Swarnabhumi dapat memperkuat kebudayaan Melayu sebagai identitas bersama
(common identity) pada wilayah yang dialiri DAS Batanghari, Sehingga mampu meningkatkan keterhubungan antara sungai, manusia, dan budaya guna mengembangkan dan memanfaatkan warisan tradisi dan cagar budaya nasional.

Baca Juga:  Pengurus DPW GARPU Provinsi Jambi dan DPD GARPU Kota Sungaipenuh Partai Nasdem Resmi Dilantik

Wilayah yang terlibat dalam Kenduri Swarnabhumi meliputi Kabupaten/Kota Dharmasraya, Bungo, Tebo, Merangin, Sarolangun, Batanghari, Jambi, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Sungai Penuh, dan Kerinci.

BAGIKAN :