PERANSAKA Nasional 2022 Resmi Dibuka oleh Plt. Seskemenpora

Explorenews.net – Menteri Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Kemenpora Jonni Mardizal resmi membuka

Perkemahan Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Depati Amir, Balunijuk, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, minggu 2 Oktober 2022.
Dalam sambutannnya Jonni menyampaikan bahwa Peran Saka atau Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka tingkat Nasional memiliki tujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki daya saing dan menjadi Agent of producer yang dapat menciptakan perubahan nyata.

Lebih lanjut Jonni menyampaikan bahwa hal ini sejalan dengan apa yang telah ditetapkan dalam undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, khususnya dalam pasal 4 yang menyebutkan bahwa Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader
Bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan Lingkungan hidup.

Maka selayaknya semua kegiatan yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka perlu mendapat dukungan semua fihak.
Hadir dalam kesempatan ini Pejabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso dan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel) Melati Erzaldi dan lainnya.

Baca Juga:  Dinkes Kerinci Buka Pertemuan Publikasi Data Stunting Tahun 2022

Kegiatan yang dilaksanakan mulai 2 Oktober-9 Oktober ini diikuti sekitar 1.200 warga perkemahan yang berasal dari 31 Provinsi se Indonesia. Sementara itu 3 Provinsi lain berhalangan hadir yakni Maluku Utara, Kalimantaran Utara dan Sulawesi Utara.

Mengusung tema Pramuka Berdaya Saing Menuju Indonesia Maju,.
Sementara itu Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Republik Indonesia Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso menilai Peran Saka Nasional 2022 ini sebagai ajang berlatih menularkan minat dan bakat serta pengalaman berbagi ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam gerakan pramuka.

Ia mengatakan, terdapat 11 saka yang telah terbentuk dan aktif secara nasional, di samping saka rintisan yang telah dikembangkan.

Sehingga, keberadaan satuan karya (Saka) ini harus dijaga dan terus dikembangkan sehingga perannya sebagai wadah pembinaan dapat dirasakan manfaatnya secara berkesinambungan.

Baca Juga:  Ciptakan Mahasiswa Kreatif, Labor FTIK IAIN Kerinci Laksanakan Kuliah Lapangan

“Salah satu upaya untuk mengembangkan saka saka tersebut yakni melalui Peran Saka Nasional 2022,” tandasnya.

Menurutnya, Peran Saka Nasional bertujuan agar generasi muda mempunyai saing tinggi sehingga mampu menciptakan perubahan nyata.
Oleh karena itu, melalui beragam kegiatan dalam perkemahan juga dimaksud agar menumbuhkan pola pikir yang dapat mendorong kreatifitas dan daya inovasi anak bangsa. Salah satunya dengan melibatkan anggota pramuka dalam kontribusi penting untuk pembangunan berkelanjutan bangsa.

“Diharapakan para peserta dapat dibina agar mampu bersaing sesama generasi muda di Indonesia sehingga bersama seluruh elemen masyarakat. Para Pramuka Penegak dan Pendega yang mengikuti perkemahan ini dapat bersama sama mewujudkan Indonesia yang lebih maju, makmur, adil dan sejahtera,” harapnya

Ia juga berharap melalui perkemahan ini semua peserta dapat menjalin keakraban tanpa membedakan suku, agama ,ras dan antargolongan seperti Bhineka Tunggal Ika.

Serta menjadi pramuka yang kreatif mampu menghasilkan inovasi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa melupakan tradisi kearifan bangsa sendiri.

BAGIKAN :