Restocking Benih Ikan, Igor : Ada 2 Jenis Ikan Baru Ditaburkan di Danau Kerinci

Explorenews.net -Dalam rangka Festival Kerinci Tahun 2022, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi ikut memeriahkan dengan melakukan kegiatan Restocking benih Ikan Nilem, Jelawat dan Semah, di Danau Kerinci, Minggu, (6/11/2022).

Restocking benih ikan kali ini, Ada Dua Jenis Ikan baru yang ditaburkan ke Danau Kerinci, hal ini disampaikan langsung oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman, melalui Pimpinan Instalasi Pembenihan Ikan Kerinci, Ir. Igor Rizki, M.Si, “Iya, ada dua ikan jenis baru yang ditaburkan yaitu, Nilem sebanyak 60 Ribu Ekor, Jelawat 10 Ribu Ekor,”Kata Igor, Selasa (8/11/2022).

Ditambahkannya lagi, Bukan hanya dua jenis ikan baru Nilem dan Jelawat yang ditaburkan di Danau Kerinci, Ikan Semah yang menjadi andalan masyarakat Kabupaten Kerinci yaitu Ikan Semah juga ditaburkan sebanyak 4 Ribu Ekor.

Baca Juga:  Kami Napi, Kami Pramuka

“Ikan semah di Kabupaten Kerinci memiliki ekonomis yang tinggi, yang keberadaannya di perairan Kabupaten Kerinci sudah hampir langka dan layak di Restocking, bukan hanya di danau Kerinci, Pembentukan lubuk lubuk larangan sangat diperlukan untuk pengembangan ikan semah tersebut,”bebernya.

Pimpinan Instansi Pembenihan Ikan Kerinci, Igor juga menyampaikan, Adapun salah satu tujuan Restocking benih ikan di Danau Kerinci adalah Pengkayaan stock ikan dan penambahan populasi ikan.

“Harapan kami untuk masyarakat atau nelayan yang ada di Kabupaten Kerinci untuk tidak melakukan penangkapan benih ikan yang sudah di Restocking, tunggu sampai besar dan sudah layak dikonsumsi,”jelas Igor.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat dan juga para nelayan yang ada di Kabupaten Kerinci, Jangan melakukan penangkapan ikan dengan cara yang tidak baik, seperti penubaan, penyetruman pakai aki, dan lain lainnya yang dapat merusak ekosistem dari perairan umum khususnya Kabupaten Kerinci.

Baca Juga:  Peduli Cianjur, IMM Kabupaten Kerinci Galang Dana

“Mari bersama kita menjaga ekosistem perairan yang ada di Kabupaten Kerinci dengan tidak melakukan penangkapan ikan seperti penubaan, penyetruman pakai aki sehingga dapat merusak ekosistem perairan umum,”tutup Pimpinan Instalasi Pembenihan Ikan Kerinci Igor.

BAGIKAN :