Diterjang Banjir, Jembatan Penghubung 4 Desa Tanjung Pauh Hilir Amblas

Explorenews.net -Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Kerinci dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan infrastruktur banyak yang rusak. Salah satunya, jalan yang penghubung empat Desa Tanjung pauh hilir, Kecamatan Danau kerinci Barat.

Pantauan di lapangan, terlihat jalan yang berada di Desa Serumpunpauh amblas akibat diterjang banjir. Akibatnya, jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

“Kejadiannya sudah lima hari. Jalan putus akibat diterjang banjir bandang. Akibatnya warga tidak bisa melintas,” kata Wal, warga setempat saat dikonfirmasi, Rabu (16/11/2022).

Agar jalan bisa dilewati, warga terpaksa membuat jembatan darurat dengan menggunakan kayu. Pasalnya, jalan tersebut merupakan aksea utama bagi warga.

Wal berharap kepada pihak terkait, seperti Dinas PUPR Kerinci, untuk dapat segera memperbaikinya karena akses utama warga melintas. “Kami sangat berharap penanganan dari pihak terkait, agar jalan ini bisa dilewati warga,” tandasnya.

Baca Juga:  Dinkes Kerinci Buka Pertemuan Publikasi Data Stunting Tahun 2022

Sementara itu, Kepala Desa Serumpunpauh Suharto saat dikonfirmasi mengatakan jalan kabupaten yang terputus itu setelah hujan lebat yang terus terjadi, yang mengakibatkan banjir bandang sehingga gorong-gorong yang dipasang sebelumnya tidak mempu menampung debit air.

“Jalan ini akses utama masyarakat untuk ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) empat Desa Tanjungpauh Hilir. Selain itu jalan ini menuju ke rumah warga dan perkebunan warga,” kata Suharto.

Dirinya juga sudah menyampaikan proposal kepada pihak Dinas PUPR Kerinci dan BPBD Kerinci, untuk segera memperbaiki jalan empat desa yang terputus akibat banjir bandang.

“Untuk proposalnya sudah saya sampaikan ke PUPR dan BPBD serta Bupati Kerinci, karena kalau tidak cepat diperbaiki masyarakat tidak bisa melintas jalan ini apalagi membawa jenazah yang meninggal di TPU,” jelasnya.

Baca Juga:  Terbaik Se-provinsi Jambi, Satreskrim Polres Kerinci Terima Penghargaan

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kerinci Maya Novefri saat dikonfirmasi mengatakan untuk jalan terputus tersebut pihaknya sudah mendapat laporan dan pihaknya sudah turun melakukan survei lokasi jalan yang terputus tersebut.

“Hari Senin kita turun lagi, kita akan memasang gorong-gorong yang besar dan timbunan untuk sementara, saat ini sudah ada gorong-gorong dilokasi. Kalau untuk membuat permanen harus dianggarkan di APBD Murni 2023 mendatang, tidak cukup dari dana Tanggap darurat saja,” pungkasnya.

BAGIKAN :