Menjamin Keamanan dan Ketertiban, Rutan Sungaipenuh Razia Kamar Warga Binaan

Explorenews.net -DEMI MENJAMIN dan menjaga Keamanan Ketertiban di Rutan Kelas IIB Sungai Penuh, Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopatnal) Rutan Kelas IIB Sungai Penuh, Minggu (20/11/2022) melakukan razia dan penggeledahan di kamar hunian yang ditempati warga binaan.

Giat Razia yang dilakukan secara insidentil ini langsung dipimpin Kepala Rutan Kelas IIB Sungai Penuh Indra Yudha dengan mengedepankan kesopanan sehingga Pelaksanaan Razia berjalan secara kondusif dan terkendali. Target Razia adalah Penyalahgunaan Narkotika dan barang-barang terlarang sesuai dengan Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lapas Rutan. Penyelenggaraan kegiatan Razia di dalam Lapas dan Rutan sebagai salah satu bentuk pengawasan dan pengendalian dari dalam lapas dan rutan, khususnya di Rutan Kelas IIB Sungai Penuh.
Pelaksanaan Razia dan Penggeledahan Lapas dan Rutan merupakan salah satu kegiatan yang sejalan dengan Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu: 1. Deteksi Dini, 2. Pemberantasan Narkoba, dan 3. Sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

“Kami melakukan Penggeledahan dan razia di kamar warga binaan, dan upaya ini kita lakukan untuk memastikan agar tidak ada benda/barang-barang larangan dan berbahaya di dalam Lapas,” ungkap Indra Yudha

Baca Juga:  STKIP Muhammadiyah Sukses Gelar Wisuda ke-23, Luluskan 117 Wisudawan

Dari hasil razia dan penggeledahan itu ditemukan barang-barang terlarang yang seharusnya tidak boleh disimpan dan dibawa masuk, seperti beberapa mancis rokok, sikat gigi, sendok, penggaris besi, jepitan kuku, gelas, alat pencukur jenggot, gantungan baju besi. Kemudian hasil temuan tersebut langsung di Data oleh Staf KPR.

Penggeledahan ini, lanjut Indra Yudha akan terus dilakukan sebagai upaya pencegahan barang-barang terlarang agar tidak bisa masuk dan disalah gunakan di dalam Rutan Kelas IIB Sungai Penuh.

“Alhamdulillah Kegiatan Razia Kali Ini berjalan dengan Keadaan Aman dan terkendali, Dengan Hasil yang sangat bagus, Tidak Di temukannya Peredaran Handphone dan juga peredaran Narkoba, kedepan agar harus kita pertahankan‚ÄĚJelas Karutan Indra Yudha.

BAGIKAN :