Ciptakan Mahasiswa Kreatif, Labor FTIK IAIN Kerinci Laksanakan Kuliah Lapangan

Explorenews.net – Labor Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kejuruan (FTIK) IAIN Kerinci, laksanakan kuliah lapangan, Minggu (27/11/2022).

Kuliah lapangan yang bertujuan untuk menciptakan mahasiswa kreatif yang bisa membuka lapangan kerja ini, mengambil tempat di rumah praktiksi hidroponik Edi Chaniago, Dusun Terendam II, Desa Lawang Agung, Kota Sungai Penuh.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Labor FTIK IAIN Kerinci, diikuti oleh setiap mahasiswa yang diwakili 5 Mahasiswa setiap jurusan.

Dalam perkuliahan, Edi Chaniago, sebagai pemateri dalam perkuliahan lapangan ini, menerangkan tentang bagaimana mengenai teknik budidaya tanaman hidroponik di Perumahan.

Kegiatan ini dilaksankan sebagai salah satu usaha pemahaman materi perkuliahan yang tidak hanya belajar secara teoritis melainkan juga mempraktikkan sendiri bagaimana cara membudidayakan tanaman hidroponik.

“Selain untuk menambah wawasan mahasiswa tentang bercocok tanam pada lahan terbatas dengan teknik hidroponik, kegiatan ini juga untuk mendorong mahasiswa agar berinovasi dan berwirausaha di bidang pertanian,”ujar Edi Chaniago.

Baca Juga:  Dugaan Adanya Memanipulasi Nilai Siswa, Syahdanur Kepsek SMANDu Sungai Penuh Bungkam.

Disamping itu, Kepala Labor FTIK IAIN Kerinci, Nosi Qadariah, menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan inovasi kepada mahasiswa agar nantinya bisa menciptakan lapangan kerja.

“Ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan peran Laboratorium FTIK IAIN Kerinci, agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan skill serta mampu menciptakan lapangan kerja baik Masih dalam perkuliahan ataupun telah tamat nantinya,”ujar Kepala Labor FTIK IAIN Kerinci Nosi Qadariah.

Ibu satu anak ini juga mengucapkan terima kasih atas dukungan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kejuruan Dr. Hadi Candra, S.Ag, M.Pd, berkat dukungan Dekan FTIK IAIN Kerinci kegiatan kuliah lapangan bisa berjalan sesuai harapan,”ujar Nosi Qadariah.

Sementara itu, Dekan FTIK IAIN Kerinci, Hadi Candra, mengungkapkan, Dekan FTIK IAIN Kerinci sangat mensupport dan mengapresiasi kegiatan praktikum terpadu.

Baca Juga:  Ada Party dan DJ di Noka Coffe Kota Sungai Penuh

“Semoga ini menjadi starting point untuk pemberdayaan labor Ftik kedepan terutama untuk mendukung dan penguatan kompetensi kreatif, inovatif dan produktif mahasiswa FTIK,”beber Dekan FTIK IAIN Kerinci.

Ditambahkannya lagi, kita berharap kedepan labor terpadu FTIK tidak hanya mendukung penguasaan akademik mahasiswa, tetapi juga karakter, skill, tempat pengembangan penelitian dan pengabdian.

“Labor FTIK juga bisa menjadi tempat praktikum siswa siswi SLTA yang ada Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci,”beber Dekan FTIK IAIN Kerinci.

Dekan FTIK IAIN Kerinci juga mengatakan, Akan terus kembangkan labor FTIK IAIN Kerinci kedepan, baik terkait dengan sarana, peralatan, fasiltas labor, Sdm pengelola dan laboran yang profesional, khusunya dalam rangka penguatan program studi.

“Saat ini FTIK sekarang sudah memilki 11 prodi, dan ada 4 prodi sains; Tadris Biologi, Tadris matematika, Tadris Kimia dan Tadris Fisika,”tandasnya.

BAGIKAN :