Digadang gadang Maju di Pilbup Kerinci, Ini Profil Singkat Zulherman

Explorenews.net – Nama Zulherman, ST, M.Sc, PhD, muncul dalam polling Calon Bupati Kerinci dari Kerinci Hilir dan tidak disangka mendapat respon yang cukup bagus dari masyarakat. Banyak yang bertanya tentang siapa beliau, maka awak media berusaha menelusuri sosok pak Dosen Arsitek ini.

Zulherman, ST, M.Sc, PhD, kelahiran desa Tanjung Pauh Mudik 1974 adalah Dosen Tetap Prodi Arsitektur, Universitas Bung Hatta Padang. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Arsitektur (S1) di Universitas Bung Hatta tahun 1998, Magister Urban Design (S2) di Faculty of Built Environment Universiti Teknologi Malaysia tahun 2002 dan Doktor Urban Design (S3) di Faculty of Built Environment Universiti Teknologi Malaysia tahun 2012.

Ia merupakan anak ke 5 (5 bersaudara) dari pasangan bapak H. M. Sosi (alm) & ibu Hj. Jamilah, Zulherman menikah dengan sang istri bernama Yulya Citra Sutra Syah, SE, M.Si dan telah dikaruniai 4 orang anak.

Baca Juga:  Turnamen Kades Cup 3 Desa Pendung Semarak Bersama Monadi

Dosen arsitek Universitas Bung Hatta ini juga aktif dalam dunia professional diantaranya; sebagai Researcher/Urban Architect di Unit GIS dan Perancangan (UGiSP) Biro Inovasi dan Perundingan Universiti Teknologi Malaysia 2000-2002, Owner/Direktur PT. Quatraz Cipta Starindo, Architect & Partner dari JoCSCEC (Joint Operational China State Construction Fourth Engineering Division Corporation, LTD), Tim Ahli Percepatan Pembangunan Kota Padang, Ketua Tim Pengkajian Isu Strategis untuk Percepatan Pembangunan dan Investasi Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi, dan Ketua Dewan Pengawas BUMD Kota Padang (Padang Sejahtera Mandiri, 2021-2024).

Dalam organisasi profesi, saat ini Zulherman aktif diantaranya sebagai Anggota Profesional dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DPD Sumatera Barat, Sebagai Anggota INKINDO Sumatera Barat dan sebagai Ketua Umum Ikatan Quantiti Surveyor Indonesia (IQSI), Perwakilan Sumatera Barat.

Selain organisasi keprofesian, suami dari Yulya Citra Sutra Syah ini juga dikenal aktif di banyak organisasi sosial, organisasi masyarakat dan kegiatan keagamaan, diantaranya sebagai Ketua Yayasan PERMATA NUSANTARA, Ketua Umum Komunitas Smartpreneur, Ketua Bidang Properti BPD HIPMI Sumatera Barat, Wakil Ketua Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat 2022-2027, pengurus Yayasan Nahdhatul Ulum, Panti Asuhan Cahaya Suci Pariaman, pengurus Yayasan Ummah Ummul Quro, Kerinci. Pengurus Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia, Sumatera Barat. Pengurus DPD PPHI Sumbar ( Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia), Wakil Ketua Umum KADIN Sumbar 2022-2027, Ketua Dewan Pembina Persatuan Mahasiswa Jambi (Permaja) Sumatera Barat. Ketua Himpunan Keluarga Kerinci (HKK) Nasional Kota Padang – Sumatera Barat.

Baca Juga:  Explore Jambi Award, PJ Bupati Asraf Terima Penghargaan

Melihat figur dan trackrecord dari Zulherman, banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang mulai datang untuk memberikan dukungan moril dan materil, berharap akan adanya perubahan untuk kemajuan terhadap bumi Sakti Alam Kerinci. (Red)

BAGIKAN :