Menpora Baru, Mantan Plt. Sesmenpora: Mas Dito Segera Gasspoll

BERITA, DAERAH, Jambi, NASIONAL167 Pembaca

Explorenews.net – Kehadiran Dito Ariotedjo sebagai Menpora RI menggantikan Zainuddin Amali yang ingin berfokus sebagai wakil ketua umum PSSI, disambut baik oleh masyarakat kepemudaan dan keolahragaan. Setidaknya demikian disampaikan oleh Plt. Sesmenpora periode 2021-2022, Jonni Mardizal. Banyak tugas yang harus dituntaskan oleh Menpora yang baru, baik bidang kepemudaan maupun keolahragaan. Jonni yakin dengan sosok Dito yang merupakan tokoh muda energik dan cekatan untuk segera menuntaskan tugas tersebut cepat dan terukur.

Keyakinan Jonni tersebut beralasan, untuk bidang kepemudaan, semasa kuliah Dito aktif dalam berbagai organisasi, antara lain Bendahara Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia serta Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Tidak hanya pada organisasi kemahasiswaan di kampus, Dito juga aktif malang melintang sebagai Sekretaris Jenderal Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Pembaharuan (GPMP). Tahun 2016 hingga 2022 Dito sempat menjabat sebagai Ketua Umum pada salah satu organisasi kepemudaan ternama yaitu Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Kepiawaian, pengalaman, serta inovasinya dalam berorganisasi mengantarkan dirinya dipercaya untuk menjadi Ketua DPP Partai Golongan Karya Bidang Inovasi Sosial dan Ormas. Hal ini turut menjadikannya sebagai Ketua Bidang termuda sepanjang sejarah partai berlambang pohon beringin tersebut. Saat ini, Dito juga dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar.

Baca Juga:  Nah!! Bawaslu Kerinci Keluarkan Status Laporan Pemilu Tidak Terbukti, Hanya Kode Etik Melanggar

Dito juga aktif berkarya pada bidang olahraga sebagai Ketua Umum Pengurus ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Provinsi DKI Jakarta, Anggota Dewan Penasehat PP Perbasi. Pada 2018, kontribusi dan kiprahnya di bidang olahraga membuatnya dipercaya oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olimpiade Indonesia untuk menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia pada perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina.

Di usianya yang baru 32 tahun, Dito juga menekuni dunia bisnis. Ia merupakan pengusaha yang juga bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport pada 2021 lalu. Saat ini, Dito Ariotedjo bahkan menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023. Ia juga merupakan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL)

Selanjutnya Jonni berharap Menpora yang baru segera tancap gas untuk mengurai persoalan dan menjalankan Program keolahragaan, tidak ada waktu lagi orientasi dan adaptasi. Menurut Jonni langkah yang perlu segera dilakukan adalah koordinatif dan konsultatif secara vertical, horizontal maupun diagonal. Langkah koordinasi yang harus segera dilakukan antara lain bersama KONI, NOC Indonesia dan induk cabang olahraga untuk melakukan akselerasi kesiapan keikutsertaan Indonesia diberbagai event, seperti : Seagames Cambodia ( Mei 2023), Asian Games Hang zhou ( November 2023), Prakualifikasi Olympic, yang telah dimulai sejak 2022. Disamaping itu juga memantapkan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah berbagai event 2023 yakni : FIBA world cup, bidding Olympic Games 2036, World Beach games, Indonesia open, Indinosia Master, Jakarta E Prix, World Superbike

Baca Juga:  PJ Bupati Asraf: Bentuk Nyata Kepedulian Pembangunan Fasilitas Agama

Yang tidak kalah pentingnya adalah segera merampungkan turunan Undang-undang no 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan berupa 10 PP, 4 Perpres dan 2 Permen, serta implementasi DBON, dimana segera menggerakan 21 K/L sebagaimana diamanatkan dalam Perpres nomor 86 tahun 2021 agar roadmap DBON bejalan pada jalurnya dalam upaya meraih peringkat ke 5 Olimpiade 2044, tentu hal ini di bawah koordinasi Wakil Presiden. Selanjutnya Juga konsultasi dengan Kemenkue dan Bappebas dalam penyiapan anggaran DBON (yang selama ini terkendala).

BAGIKAN :