Lembaga Adat Melayu Jambi Kabupaten Kerinci Dipertanyakan

Explorenews.net Kerinci – Lembaga Adat Melayu Jambi (LAM Jambi) Kabupaten Kerinci masa bakti 2022-2027 dikabarkan akan dilantik Minggu 14 Mei 2023, bertempat di Aula Grand Kerinci Hotel Jl. YosSudarso Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi.

Informasi ini diperoleh dari undangan yang beredar di Bumi Sakti Alam Kerinci, surat undangan bernomor: 07/UD/LAM-JBI-KRC/V/2023 perihal Undangan ditandatangani Pengurus Harian Lembaga Adat Melayu Jambi Kabupaten Kerinci H. Syafrizal kadir, Dpt Depati Mudo Terawang Lidah (Ketua), dan Safwandi, S.Ap, Dpt Depati Ijung Putih Tuo (Sekretaris).

Keberadaan LAM Jambi Kabupaten Kerinci ini menjadi hangat diperbincangkan, sebab di Bumi Sakti Alam Kerinci yang ada adalah Depati Empat Alam Kerinci yakni Depati Atur Bumi, Depati, Muara Langkap, Depati Biang Sari dan Depati Rencong Telang.
Beberapa tahun lalu juga muncul adat Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar yang jelas-jelas tidak pernah ada di Bumi Sakti Alam Kerinci, dan ini pun sudah diputuskan oleh Depati Empat Alam Kerinci bahwa tidak mengakui adat Rencong Telang Ujung Kerajaan Pagaruyung Pulau Sangkar. Saat ini muncul lagi LAM Jambi Kabupaten Kerinci.

Baca Juga:  Nasib Pendidikan Anak di Pinggir Sungai Batang Merao.

“ini menjadi tanda-tanya bagi masyarakat Kerinci, dan seluruh masyarakat adat Bumi Sakti Alam Kerinci diminta untuk berhati-hati dengan Lembaga tersebut” ungkap sumber media ini.

Diduga ada tokoh intelektual yang memainkan adat untuk kepentingan politik, pribadi atau kelompok tertentu. “ini bisa saja menjadi sumber konflik di Bumi Sakti Alam Kerinci, berarti sudah ada dua adat yang menjadi bom waktu konflik sosial besar di Kabupaten Kerinci, ini perlu diwaspadai oleh penegak hukum” tegasnya.

Pihaknya juga meminta semua pemangku adat Se-Alam Kerinci untuk mengkaji dalam-dalam soal LAM Jambi Kabupaten Kerinci, “jangan nanti malah menjadi malapetaka bagi masyarakat adat dalam wilayah Depati Empat Alam Kerinci” tegasnya. (tim)

BAGIKAN :