Pembinaan WBP, Rutan Sungai Penuh Bersama UPTD BLK Kerinci Laksanakan Pelatihan

Explorenews.net – Guna meningkatkan pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sungai Penuh Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi membuka pelatihan berbasis kompetensi (PBK) Program mobile training unit (MTU) bekerjasama dengan UPTD Balai pelatihan kerja kabupaten kerinci, Sub kerja pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana di Rutan kelas IIB Sungai Penuh.

Pada Pembukaan pelatihan ini Turut dihadiri oleh Bupati Kerinci diwakili oleh Asisten II Dr. Yanizar, M.Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Koperasi Drataska, Kepala Uptd BLK Ir.Kafrizal, Kepala BPJS ketenagakerjaan, serta peserta pelatihan wbp rutan kelas IIb sungai penuh.

Pelatihan ini dilaksanakan Sesuai dengan penandatanganan kerja sama dengan pihak Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja UPTD Balai Latihan Kerja untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi warga binaan pemasyarakatan di Rutan Kelas IIB Sungai Penuh.

Kepala Dinas Koperasi dan Ketenagakerjaan Drataska dalam laporannya mengatakan bahwa pelatihan ini dibuka oleh Pemkab Kerinci dan diikuti oleh 16 peserta yang dilakukan selama 20 hari.
“Ini adalah wujud dari kerja sama antara pihak Dinas Koperasi dan Ketenagakerjaan, semoga kerja sama ini tetap terjalin dan kami siap untuk memfasilitasi jika Rutan Sungai Penuh mengadakan pelatihan lagi.
Terima kasih atas kesempatannya untuk rutan yang sudah bekerja sama dengan pihak kami,” Ujar Kadis Koperasi dan Ketenagakerjaan.

Baca Juga:  Oknum Komisioner KPU Kabupaten Kerinci Langgar Etik Demi Keluarga

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Sungai penuh Indra Yudha dalam sambutannya mengucapkan Alhamdulillah, hari ini kita membuka pelatihan berbasis kompetensi (PBK) program Mobile Training Unit (MTU) UPTD Balai pelatihan kerja kabupaten kerinci, Sub Kerja Pemasangan Instalasi Listrik Bagunan Sederhana di Rutan Kelas IIB Sugai Penuh tahun 2023.

Hal ini mengacu pada amanat dalam Undang-undang Pemasyarakatan Nomor 22 tahun 2022, bahwa setiap warga binaan pemasyarakatan berhak mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh Rutan atau Lapas.

“Mohon kepada peserta, ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, agar nantinya keluar dari rutan ini bisa menjadi masyarakat yang mandiri, bisa mencari kerja dan diterima oleh masyarakat banyak,” ujar nya.

Dia menjelaskan bahwa pelatihan ini juga pertama kalinya kita buka dan dilakukan di rutan ini.“Semoga ilmu yang didapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak nantinya,” tutup Indra Yudha.
Selain itu, Asisten II Pemerintah Kabupaten Kerinci Yanizar dalam sambutannya dan sekaligus membuka pelatihan, mengucapkan alhamdulillah, hari ini dirinya hadir mewakili Bupati Kerinci di acara pelatihan di Rutan Kelas IIB Sungai Penuh.

Baca Juga:  Signifikan Tiap Dapil, DPC PPP Kota Sungaipenuh Siap Usung Calon Walikota Sendiri

“Kami mohon maaf, hari ini Bapak Bupati, Wakil Bupati dan Sekda belum sempat hadir kerana kesibukan dan kepadatan kegiatan kami di Kabupaten Kerinci,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pelatihan kerja ini dibawah naungan UPTD BLK yang dibawah naungannya, Asisten II Bidang Pemerintah. Dirinya mengatakan bahwa hal yang paling utama adalah sehat, karena apa pun kegiatan bisa dijalankan dan yang paling penting sehat dan semangat.
“Pelatihan berbasis kompetisi, banyak peluang nantinya jika sudah mengguasai dan bersertifikat bisa nantinya kita menjadi instruktur dan pelatih, wajah yang hadir di sini semuanya adalah wajah-wajah sehat,” katanya.

“Dengan mengucapkan bismillah pelatihan ini secara resmi saya buka,” tutup Asisten II Yanizar.

BAGIKAN :