Program PERAHUMAS, Plt Kakanwil Kemenkumham Jambi Perkuat Hubungan dengan Warga Binaan

LUAR BIASA melalui Program “PERAHUMAS” Pendekatan Rasa Kehumanisan Pemasyarakatan, PLT Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi Kortini Jim Sihotang Berkunjung Ke Rutan Sungai Penuh.

SUNGAI PENUH – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Jambi Kortini Jim Sihotang mengunjungi Rumah Tahanan Kelas IIb Sungai Penuh.

Didampingi staff Kanwil Kemenkumham Jambi dan Karutan Sungai Penuh Dalam kunjungannya mengangkat Program “PERAHUMAS” Pendekatan Rasa Kehumanisan Pemasyarakatan Plt. Kakanwil Kortini Jim Sihotang bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dengan jajaran Rutan Sungai Penuh serta bertemu secara langsung dengan warga binaan Rutan Sungai Penuh, dan berdiskusi terkait aktivitas yang di jalani selama menjalani pembinaan di Rutan Sungai Penuh dan melakukan berbagai kegiatan monitoring, termasuk pengecekan Fasilitas Rutan, Kondisi WBP, Sarapan pagi dan berseda gurau bersama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kamis (14/09)

Saat wawancara Kortini Jim Sihotang menyampaikan sesuai dengan Program “PERAHUMAS” (Pendekatan Rasa Kehumanisan Pemasyarakatan) pentingnya upaya pengawasan dan pemantauan secara rutin di Rutan, Pengawasan dan monitoring yang berkala, ini upaya Kemenkumham untuk memastikan bahwa lembaga pemasyarakatan beroperasi sesuai dengan aturan dan norma yang telah ditetapkan. Hal Ini juga membantu kita untuk menjaga hak-hak narapidana dan memberikan perlindungan kepada mereka.

Baca Juga:  Kunci Stang Motor Dibuka Pakai Kaki, Aksi Pencurian Marak di Kerinci

” Sesuai dengan tema Program “PERAHUMAS” Pendekatan Rasa Kehumanisan Pemasyarakatan, tujuan saya pendekatan dan mengecek lembaga rutan beroperasi sesuai dengan aturan dan norma yang telah ditetapkan dan fasilitas yang sudah ada”, ungkap Kortini.

Lebih lanjut mengatakan Secara khusus, dengan mengkat program Program “PERAHUMAS” Pendekatan Rasa Kehumanisan Pemasyarakatan hal paling penting mengecek layanan Warung telekomunikasi khusus Lapas) yang merupakan sarana komunikasi bagi warga binaan dengan keluarga mereka melalui video call. Kualitas layanan ini sangat penting untuk menjaga hubungan sosial dan psikologis para WBP.

” Saya cek semua tadi, saya mau warga binaan mendapatkan hak yang sama dengan orang-orang diluar rutan, walaupun mereka didalam tapi pelayanan rutan harus memberikan yang terbaik dan paling penting rasa aman nyaman dan kekeluargaan untuk mereka disini, “Katanya.

Selain itu, Plt. Kakanwil melaksanakan sarapan pagi bersama warga binaan agar bisa merasakan langsung makanan mulai dari kualitas makanan yang disajikan dirutan dan Aspek ini sangat penting untuk memastikan bahwa warga binaan mendapatkan makanan yang sehat dan terjamin.

Baca Juga:  Satu satunya Putra Terbaik 3 Dusun Maju Sebagai Bakal Calon Walikota Sungaipenuh.

” Tadi juga sudah makan bersama dengan warga binaan, makanan yang disediakan enak dan sempat juga bercanda gurau dengan Warga binaan, ” Sebutnya.

Lebih lanjut disampaikannya, sebelum sampai di Rutan Sungai Penuh ia juga meluangkan waktu untuk mengunjungi Lapas di Kabupaten Merangin,serta berdiskusi dengan pihak Lapas di Merangin.

“Sebelum tiba di sungai penuh, saya monitoring dulu ke lapas Bangko di Kabupaten Merangin dan berdiskusi juga di narapidana disana, ” Sebut Kotini.

Diakhir Wawancaranys Plt. Kakanwil berpesan kepada jajaran Rutan Kelas IIb Sungai Penuh untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan dengan berkinerja dan komunikasi yang baik. Ia berharap antara pegawai Rutan maupun Lapas yang ada di Provinsi Jambi terciptanya rasa kekeluargaan ,saling bantu membantu dan menciptakan keamanan dan kenyamanan bersama di Rutan dan Lapas.

“Semua pegawai Kemenkumham harus memiliki tanggungjawab moral untuk menjaga marwah Kementerian Hukum dan HAM melalui pemenuhan tugas, fungsi dengan baik dan benar serta menciptakan rasa aman dan kekeluargaan bagi warga binaan atau narapidana”, Tutupnya.

BAGIKAN :