Sanksi Pemecatan, KPU dan Bawaslu Kerinci Akan Dilaporkan ke DKPP

Explorenews.net -Kode Etik adalah suatu kesatuan asas moral, etika, dan filosofi yang menjadi pedoman perilaku bagi Penyelenggara Pemilu berupa kewajiban atau larangan, tindakan dan/atau ucapan yang patut atau tidak patut dilakukan oleh Penyelenggara Pemilu (Keputusan KPU 337 Tahun 2020).

Dugaan pelanggaran Kode Etik terjadi di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, 5 Komisioner KPU Kerinci yakni Husni, Jatra Permana, Noval Frandatoni, Pepizon dan Prima Pribadi Putra dipersoalkan.

Bukan hanya KPU, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kerinci Chintya Albert Siin, Doni Aria Saputra dan Tomi Akbar juga akan dilaporkan ke DKPP.

Hal ini disampaikan langsung oleh, Holland, Kamis (22/2/2024), mengatakan Bawaslu Kabupaten Kerinci dan KPU Kabupaten Kerinci akan dilaporkan atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilihan umum.

Baca Juga:  Merakyat, Asraf Dinilai Layak Maju Sebagai Calon Bupati Kerinci

“KPU dan Bawaslu Kabupaten Kerinci sudah tidak profesional dalam pemilihan umum legislatif di kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman,”ujar Holland.

Pelaporan yang akan dilakukan ke DKPP, lanjut Holland, karena tak serius mengusut dugaan pelanggaran Pileg yang terjadi di Kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman khususnya dan kabupaten kerinci umumnya.

“Pelaporan yang dilakukan terkait dengan temuan temuan kecurangan yang dilakukan Caleg bernama Bir Ali di Kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman, namun ke profesional KPU dan Bawaslu Kabupaten Kerinci tidak muncul dalam hal tersebut,”tegas Holland.

Kita juga memiliki bukti yang cukup pelanggaran yang dilakukan oleh Oknum Komisioner KPU Prima Pribadi Putra, yang tidak profesional bahkan juga berani menjamin mengamankan suara caleg dan menekan Caleg agar tidak terjadi PSU di DKB dan Kecamatan keliling danau.

Baca Juga:  Daftar Pertama, DPC PPP dan DPC Demokrat Kota Sungaipenuh Diprediksi Koalisi

“Dari bukti tersebut, laporan melanggar Etik dan tidak profesional ke DKPP, sanksi yang harus diterima Pemecatan,”tandasnya.

BAGIKAN :