Beranikah Bawaslu? Oknum Komisioner KPU Kabupaten Kerinci Diduga Lakukan Pelanggaran Kode Etik

BERITA2,112 Pembaca

Explorenews.net – Pelanggaran administrasi yang dilakukan KPPS, PPK, panwascam dan penyelenggara pemilu di Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci nampak jelas. Dari awal perekrutan hingga Pleno Kecamatan.

Hal ini, diketahui setelah beberapa penyelenggara di wilayah Kecamatan Gunung Raya berhubungan darah dengan Caleg PPP Bir Ali. Bahkan oknum PPK Gunung Raya diketahui keluarganya terlibat hutang dengan ayah Bir Ali.

Informasi yang diperoleh media ini, Komisioner KPU Kabupaten Kerinci Prima Pribadi Putra, memiliki hubungan keluarga dengan Caleg PPP Bir Ali. Begitu juga penyelenggara lainnya bahkan ada yang terlilit hutang dengan ayah Bir Ali.

“Satu keluarga Komisioner KPU Prima Pribadi Putra dengan Caleg PPP Bir Ali,”ujar Warga Lempur, Jum’at (23/2/2024).

Uang lebih 1 miliar rupiah tersebut diduga untuk merubah hasil Pemilu di Kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman, agar suara Bir Ali Melonjak naik, lanjut warga setempat, tentu diketahui oleh Komisioner KPU Prima Pribadi Putra.

Baca Juga:  Iming-iming PPPK, Dugaan Pungli 7 Hingga 8 Juta Dilakukan Kabid Damkar Kabupaten Kerinci

“Dia (komisioner KPU Prima Pribadi Putra) melihat pertemuan Caleg PPP Bir Ali dengan Andespa Gerindra, kuat dugaan saat itu berada di sana. Masa melihat pertemuan Caleg dengan dan mengetahui si Caleg PPP meminta suara ke caleg Gerindra diketahuinya,”terang Warga Lempur.

Dari temuan temuan dilapangan, beranikah Bawaslu Kabupaten Kerinci memanggil KPU Kabupaten Kerinci terkait pelanggan Kode etik?

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Kerinci dan KPU Kabupaten Kerinci akan dilaporkan atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilihan umum.

“KPU dan Bawaslu Kabupaten Kerinci sudah tidak profesional dalam pemilihan umum legislatif di kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman,”ujar Holland.

Pelaporan yang akan dilakukan ke DKPP, lanjut Holland, karena tak serius mengusut dugaan pelanggaran Pileg yang terjadi di Kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman khususnya dan kabupaten kerinci umumnya.

Baca Juga:  Sewenang-wenang, Perekrutan Anggota Baru Tanpa Dasar Dilakukan Kabid Damkar Siswadi.

“Pelaporan yang dilakukan terkait dengan temuan temuan kecurangan yang dilakukan Caleg bernama Bir Ali di Kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman, namun ke profesional KPU dan Bawaslu Kabupaten Kerinci tidak muncul dalam hal tersebut,”tegas Holland.

Kita juga memiliki bukti yang cukup pelanggaran yang dilakukan oleh Oknum Komisioner KPU Prima Pribadi Putra, yang tidak profesional bahkan juga berani menjamin mengamankan suara caleg dan menekan Caleg agar tidak terjadi PSU di DKB dan Kecamatan keliling danau.

“Dari bukti tersebut, laporan melanggar Etik dan tidak profesional ke DKPP, sanksi yang harus diterima Pemecatan,”tandasnya.

Sementara itu, Prima Pribadi Putra Komisioner KPU Kabupaten Kerinci, Saat dihubungi, Selasa, (20/2/2024), melalui via WhatsApp, ke kantor aja, ngopi, dan konfirmasi.

“Ke kantor aja, ngopi dan konfirmasi,”singkatnya.

BAGIKAN :