Kode Etik Dilanggar, Diduga Kuat Pemindahan Suara Terjadi di Kecamatan Gunung Raya

Explorenews.net – Kepercayaan masyarakat akan keadilan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Kerinci pupus, pelanggaran – pelanggaran yang jelas dan terlihat oleh penyelenggara diabaikan begitu saja.

Kode Etik dilanggar, saat Pleno PPK di Kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci, kejanggalan terjadi, namun keberatan dari saksi partai pun diabaikan, harusnya kotak suara dibuka dan hitung ulang kertas suara untuk membuktikan kebenaran dan menegakkan kejujuran sesuai dengan kode etik pemilu.

Tapi tidak dilakukan oleh penyelenggara Pemilu di Kecamatan Gunung Raya dan Bukit Kerman Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Dalam reguliasi, jika ada perbaikan (tipeex) C Hasil dan C Hasil Salin maka harus ada berita acara KPPS tentang koreksi, dan apa bila ada indikasi kesalahan dan dugaan kecurangan, pihak Bawaslu (Panwascam), KPU (PPK) berhak membuka kota suara dan melakukan penghitungan ulang.

Baca Juga:  Bertemu Bernilai Bagi Sesama, Reuni Angkatan 06

Namun sayang pengkondisian yang luar biasa diduga telah dilakukan oleh oknum tertentu di Kecamatan Gunung Raya, hingga semua protes, keberatan dari saksi diabaikan.

“tidak ada keadilan, tidak ada kebenaran yang dibela oleh penyelenggara, kebenaran ada didalam kota suara, buka kotak suara dan hitung ulang suara, agar jelas keadilan dan kebenaran” ungkap Isbal aktivis Kerinci.

Dalam Pasal 3, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan, ada 11 prinsip penyelenggara pemilu, antara lain mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien. “mana ada yang diikuti oleh penyelenggara terkait 11 prinsip ini” ungkap Isbal.

Diketahui, temuan tip-ex di C Hasil Pileg di Kecamatan Gunung Raya tidak hanya satu TPS, hampir merata coretan hasil Pileg Gunung Raya ada tip-ex. Dugaan pemindahan suara atau merubah hasil Pemilu telah terjadi di Kecamatan Gunung Raya.

Baca Juga:  Daftar Pertama, DPC PPP dan DPC Demokrat Kota Sungaipenuh Diprediksi Koalisi

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kerinci, Doni, saat dikonfirmasi, melalui via WhatsApp, Sabtu, (24/2/2024), menyampaikan, hari ini Kami turun ke Gunung Raya.

“Hari ini Bawaslu Kabupaten Kerinci turun langsung ke Gunung Raya, jika ada informasi dugaan lainnya, mohon berikan agar bisa kami tindaklanjuti langsung,”ujarnya.

BAGIKAN :