Jadwal Hari ini, KPU dan Bawaslu Harus Tegas Dugaan Kecurangan Terjadi di Pileg Gunung Raya

Explorenews.net – Pelaksanaan Pemilu 2024 khususnya Pileg di Kabupaten Kerinci pada 14 Februari lalu memunculkan berbagai indikasi indikasi baik dari dugaan suap hingga kecurangan merubah hasil Pemilu.

Untuk itu, Pleno Tingkat Kabupaten Kerinci yang dilaksanakan KPU kerinci yang telah memasuki hari kedua, diharapkan agar terciptanya kesadaran terhadap nilai-nilai demokrasi sejati yang jujur dan adil.

Dugaan kecurangan yang heboh akhir akhir ini terjadi di Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, bahkan laporan dari Timses caleg dan juga caleg Dapil 5 sudah melayangkan laporan ke Bawaslu Kabupaten Kerinci.

Seperti Ardi Caleg Partai Demokrat yang melaporkan kecurangan di gunung Raya, “laporan telah diberikan, tembusan kepada Polres Kerinci dan Kejaksaan Negeri Sungaipenuh,”ujar Ardi, Sabtu, (24/2/2024) lalu.

Baca Juga:  Respon Keluhan Warga, Pj Bupati Kerinci Asraf Turun Langsung Ke Lokasi Objek Wisata

“Dugaan kecurangan yang terjadi terstruktur melibatkan penyelenggara, bahkan lebih 100 suara saya hilang,”tambah Ardi.

Sekarang sebagai saksi, kata Ardi, Minta buka kotak lempur tengah 6 TPS dan 2 TPS Desa Manjuto.

“KPU Kabupaten kerinci dan Bawaslu Kabupaten Kerinci diminta rekomendasi buka Kotak suara Lempur Tengah 6 TPS dan 2 TPS Desa Manjuto,”tegas Ardi.

Disamping itu, Isbal (timses Roma Arusty No Urut 2), menyampaikan hal yang senada dengan Ardi, dugaan kecurangan pengelembungan Suara terjadi di Kecamatan Gunung Raya agar salah satu caleg bisa menang,”kata Isbal, Kamis (29/2/2024).

Saat ini, lanjut isbal, sudah dilaksanakan Pleno Tingkat Kabupaten Kerinci yang bertempat di Hotel Busana Kota Sungai Penuh, yang telah berjalan dua Hari, untuk itu di Pleno ini KPU Kabupaten kerinci harus bisa menunjukkan rasa Demokrasi Sejati agar kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara tidak hilang.

Baca Juga:  Bertemu Bernilai Bagi Sesama, Reuni Angkatan 06

“KPU dan Bawaslu harus menciptakan Demokrasi Sejati jujur dan adil agar kepercayaan masyarakat tidak hilang,”ujar Isbal.

Hari kedua Pleno Tingkat Kabupaten Kerinci terjadwal dugaan wilayah yang Curang (Kecamatan Gunung Raya) kata Isbal, KPU Kabupaten kerinci harus jeli dengan dugaan kecurangan di wilayah tersebut. Bahkan kami juga telah menyerahkan sejumlah bukti bukti kecurangan.

“Kami sudah menyerahkan sejumlah bukti-bukti dugaan kecurangan dan penggelembungan perolehan suara Pileg di Pleno rekapitulasi PPK Gunung Raya, buka kotak suara dan perhitungan suara ulang harus dilakukan,”tegasnya.

BAGIKAN :