Menyongsong Era Baru, IAIN Kerinci Laksanakan Seminar Nasional

Explorenews.net –¬†Dalam upaya menyongsong era baru Bimbingan dan Konseling, Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci menggelar Seminar Nasional yang memusatkan perhatian pada transformasi peran guru BK dalam Kurikulum Merdeka Belajar dan Konseling Spiritual, Kamis (23/05).

Acara yang digelar di Hotel Mahkota Sutis Kota Sungai Penuh ini menarik partisipasi 76 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk akademisi, praktisi, dan pemerhati pendidikan. Dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Bapak Betaria Putra, M.Pd., seminar ini menyoroti pentingnya peran guru BK dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.

Baca Juga:  Citra Raya City Gemuruh, Lanjutkan Jambi Mantap Berkumandang

Dalam sambutannya, Bapak Betaria Putra menekankan pentingnya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para guru BK untuk menyongsong perubahan yang dihadirkan oleh Kurikulum Merdeka Belajar. Pendapat serupa juga disuarakan oleh Bapak Hengki Yandri, M.Pd., Kons., Dosen Pengampu Mata Kuliah Kapita Selekta Bimbingan dan Konseling, yang menggarisbawahi perlunya adaptasi terhadap perubahan yang dihadirkan oleh kurikulum baru ini.

Seminar ini juga menampilkan dua pembicara terkemuka di bidangnya, yaitu Ibu Leni Murni Hayati, M.Pd., Kons., dan Bapak Hengki Yandri., M.Pd., Kons., yang membahas secara mendalam tentang konsep Kurikulum Merdeka Belajar dan pentingnya konseling spiritual dalam pendidikan.

Di akhir acara, sesi tanya jawab yang antusias dari para peserta memperkuat kesan bahwa seminar ini memberikan wawasan dan ilmu yang berharga bagi mereka, dengan harapan dapat diterapkan dalam praktik sehari-hari sebagai guru BK atau Konselor Sekolah. Kegiatan ini diberi apresiasi tinggi oleh para peserta, yang melihatnya sebagai sarana yang bermanfaat dan inspiratif dalam meningkatkan kualitas layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah-sekolah, guna mendukung pembentukan generasi muda yang berkarakter dan berakhlak mulia

Baca Juga:  Serius Kolaborasi, Tim Ahli Geologi Kementerian ESDM Turun ke Kabupaten Kerinci dan Sungaipenuh
BAGIKAN :