Desa Baru Semerah Lolos 100 Besar Nasional ADWI Indonesia 2024

Explorenews.net – Desa Wisata Buluh Perindu Desa Baru Semerah, Kecamatan Tanah Cogok, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, dinyatakan lolos 100 besar nasional, dalam ajang Anugerah Desa Wisata (Adwi) 2024.

Kepastian ini diperoleh, setelah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, mengeluarkan pengumuman resmi pada Kamis (23/5) kemarin.

“Sebelumnya saya telah mengumumkan 300 besar desa wisata Adwi 2024. Kini pada tahap selanjutnya, dengan bangga saya umumkan peringkat 100 besar,”kata menteri Sandiaga.

Adwi Indonesia 2024 ini lanjutnya, mengusung tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia”.

Selain itu, terdapat kategori penilaian baru yaitu relisensi dengan focus pada aspek pengelolaan sampah dan management resiko keselamatan, kesehatan dan lingkungan hidup.
Dengan lolosnya Desa Wisata Buluh Perindu ini, menjadi satu-satunya wakil Provinsi Jambi yang masih tersisa dalam asesmen penilaian Adwi Indonesia 2024.
Setelah sebelumnya, Desa Baru Semerah bersama dengan dua desa lainnya di Jambi yakni Desa Jernih Jaya dan Desa Agrowisata Nanas Muaro Jambi, sama-sama lolos babak 500 besar.

Baca Juga:  Gelombang Dukungan Terus Mengalir, Kini Jernih Jaya Menyala

“Ini tentu menjadi kebanggan. Namun masih banyak kekurangan yang perlu kita benahi, baik untuk infrastruktur maupun di bidang lainnya,”kata Ketua Bumdes Buluh Perindu, Candrawasih, menanggapi lolosnya desanya ke babak 100 besar.

Agar mendapat hasil maksimal, Candra mengharapkan adanya pendampingan dari pemerintah daerah, baik dari Kabupaten Kerinci maupun dari pemerintah Provinsi Jambi.

“Selama ini pengembangan desa wisata kami, hanya mengandalkan dari dana desa saja. Ke depan, kami berharap ada bantuan dari pihak lain, baik pemerintah atau swasta,”tegasnya.

Untuk diketahui, Adwi Indonesia 2024 ini diikuti oleh 6.010 Desa Wisata yang berasal dari seluruh Indonesia. Dari 6.010 Desa Wisata, ditetapkan peringkat 500 besar, 300 dan saat ini sudah diumumkan hasil 100 besar.

BAGIKAN :