Ditengah 3 Nama Beken, Ada Tokoh Wilayah Hilir Murison, Zulherman dan Kazarlo Kini Dibicarakan

Explorenews.net – Pilkada serentak yang dijadwalkan pada November 2024 semakin mendekat, dan perbincangan mengenai calon-calon potensial sudah mulai hangat di kalangan elit politik maupun masyarakat umum. Khusus untuk Pilkada Kabupaten Kerinci, beberapa nama dari wilayah Hilir dianggap sebagai kandidat kuat yang berpeluang besar memenangkan pemilihan ini.

Di antara nama-nama tersebut, Zulherman, Asraf, Karzalo, Tafyani Kasim, Zubir Dahlan, dan Murison muncul sebagai tokoh-tokoh yang paling diperhitungkan. Menurut pengamat politik Kumaini Yahya, mereka memiliki rekam jejak yang baik, popularitas tinggi, dan pengalaman yang mumpuni.

1.Zulherman, seorang pengusaha sukses dan arsitek profesional, lahir di Tanjung Pauh Mudik dan memiliki kedekatan yang erat dengan masyarakat. Zulherman yang juga seorang dosen tetap di Universitas Bung Hatta, Kota Padang, menamatkan studi magisternya pada tahun 2002 dan meraih gelar doktor di bidang Urban and Regional Planning dari University Teknologi Malaysia pada tahun 2012.

Dengan latar belakang akademis yang kuat dan pengalaman profesional sebagai teknokrat dan pengusaha, Zulherman dipandang memiliki pemikiran politik yang inovatif dan visi perubahan yang jelas. Kedekatannya dengan masyarakat serta prediksi kekuatan politiknya membuatnya menjadi salah satu kandidat yang diperhitungkan.

2. Asraf adalah nama lain yang tidak asing di Kerinci. Sebelum menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kerinci, Asraf sudah memiliki pengalaman luas di berbagai jabatan birokrasi, termasuk sebagai Pj Sekda Kerinci pada periode Bupati Adirozal. Dilantik sebagai Pj Bupati pada 14 November 2023, Asraf dengan cepat merebut hati masyarakat melalui berbagai inisiatif dan gebrakannya.

Bahkan dia berhasil mendudukkan putranya di DPRD Provinsi Jambi dengan perolehan suara terbanyak pada Pileg 14 Februari lalu. Dengan manuver politik yang sudah terlihat sejak menjadi Pj, Asraf diprediksi akan mengambil bagian dalam Pilkada Kerinci 2024.

3. Karzalo, seorang pendekar bisnis muda, juga muncul sebagai kandidat potensial. Karzalo terlihat tampil percaya diri dan menyiratkan energi baru dalam politik Kerinci beberapa waktu lalu. Karzalo membawa semangat muda dan inovatif yang mungkin diperlukan untuk memajukan Kerinci ke depan.

Kendati pernah menegaskan bahwa pergerakannya masih berjalan lancar dan menunggu hasil akhir Pileg, namun Karzalo sejauh ini belum mengambil keputusan lanjut atau berhenti.

Baca Juga:  Memperingati Hari Raya Idul Adha, Meneladani Kesabaran dan Keikhlasan Nabi Ibrahim

4. Tafyani Kasim, tokoh dari Kerinci Hilir yang dikenal sebagai pengusaha sukses yang siap maju sebagai calon Bupati Kerinci. Tafyani telah mendeklarasikan niatnya untuk maju sebagai calon nomor satu dalam Pilkada Serentak nanti. Dengan latar belakang sebagai pengusaha, Tafyani berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi daerah, menciptakan lapangan kerja, dan memperkuat infrastruktur Kerinci. Dia diketahui sudah mendaftar dibeberapa partai sebagai persiapan pada Pilbup Kerinci mendatang.

5. Zubir Dahlan, politisi dari PDIP yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Jambi, juga telah mendaftarkan diri dalam penjaringan PDIP untuk Pilkada Kerinci. Pengalaman politiknya di legislatif menjadi modal penting dalam bersaing dengan kandidat lainnya.

6. Murison, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci, dikenal dekat dengan masyarakat, khususnya kalangan guru dan kepala sekolah. Pengalaman birokrasi dan kemampuan manajerialnya dalam meningkatkan mutu pendidikan serta efisiensi penggunaan sumber daya membuat Murison menjadi kandidat yang diperhitungkan. Kedekatannya dengan masyarakat pendidikan memberikan Murison keunggulan strategis dalam Pilkada Kerinci.

Para tokoh ini, dengan rekam jejak yang baik dan popularitas yang tinggi, membawa harapan besar bagi masyarakat Kerinci. Mereka menawarkan berbagai visi dan misi untuk membawa Kerinci menuju masa depan yang lebih baik. Dengan dukungan yang terus mengalir, persaingan di Pilkada Kerinci 2024 dipastikan akan menjadi salah satu yang paling menarik dan dinamis, menentukan arah masa depan Kabupaten Kerinci yang lebih sejahtera dan maju.

Pemerhati Politik

Pemerhati politik, Kumaini Yahya, memberikan pandangannya mengenai peluang enam tokoh potensial dalam Pilkada Kerinci 2024. Menurutnya, setiap kandidat memiliki keunggulan dan tantangan tersendiri yang akan mempengaruhi dinamika pemilihan.

Mengenai Zulherman, Eks Ketua KPU Kerinci ini menyebutkan bahwa kedekatannya dengan masyarakat di wilayah basisnya dan pemikiran politik yang inovatif membuatnya menjadi kandidat yang sangat kompetitif. “Boleh jadi dengan latar pendidikan yang sudah Doktor dia memiliki visi yang baik dan kongkrit. Sehingga menarik bagi masyarakat. Kalau kita lihat diwilayah basisnya Zulherman bisa mendapat dukungan dari masyarakat Tanjung Pauh Mudik. Kalau bicara peluangnya cukup terbuka jika dia mampu meraih dukungan partai politik dan menaikkan popukeritasnya secara signifikan,” ujarnya.

Sementara Asraf, Kumaini mengutarakan bahwa Asraf memiliki pengalaman birokrasi yang panjang dan rekam jejak yang baik sebagai Pj Bupati Kerinci. Selama beberapa bulan memimpin, dia berhasil mendapatkan dukungan masyarakat melalui berbagai gebrakan. “Jika Asraf terus menjaga momentum, peluangnya untuk memenangkan Pilkada Kerinci sangat besar, terlebih Asraf juga sudah populer di masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga:  Survey Voxpol Center untuk Pilkada Kerinci 2024 Keluar, Cek Hasilnya Disini!

Kemudian Karzalo, sebagai Pebisnis muda yang diharap membawa energi baru dalam politik Kerinci, Kumaini berpendapat meski merupakan wajah baru, namun kekuatan Karzalo tak bisa dipandang remeh. “Karzalo didukung oleh keberadaan orang tuanya Kaharuddin yang merupakan seorang pengusaha yang dikenal luas. Selain itu sebagai seorang pengusaha muda,Karzalo diharapkan mampu menggalang dukungan dari pemilih pemula. Kalau mampu mengkonsolidasi basis pemilih pemula tentu bisa menjadi kuda hitam dalam Pilkada ini,” ucapnya.

Selanjutnya Tafyani Kasim, selain sebagai pengusaha sukses dari Kerinci Hilir, Kumaini mengungkapkan jika Tafyani sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk menghadapi Pilkada Kerinci.

“Deklarasinya sebagai calon Bupati Kerinci menunjukkan keseriusannya. Dengan pengalaman di dunia usaha, Tafyani dapat menawarkan perspektif baru dalam pengelolaan ekonomi dan pembangunan daerah. Popularitasnya sebagai tokoh merakyat memberikan peluang besar untuk meraih suara, apalagi Tafyani sudah star jauh lebih awal” ujar Kumaini.

Setelah itu Zubir Dahlan, Kumaini menyatakan bahwa dia memiliki pengalaman politik yang mumpuni apalagi sudah berkali-kali terpilih sebagai anggota legislatif . Pendaftarannya dalam penjaringan PDIP menunjukkan keseriusannya untuk maju. “Jika dia berhasil mendapatkan dukungan penuh dari partainya dan memanfaatkan pengalaman politiknya, Zubir memiliki peluang yang kuat dalam Pilkada Kerinci,”jelasnya.

Terakhir ada Kadis Pendidikan Kerinci Murison yang menurut Kumaini dikenal sebagai Kepala Dinas Pendidikan Murison bisa memanfaatkan jaringan ini untuk mendukung langkahnya di dunia politik. Sebagai birokrat tentu kemampuan manajerialnya sudah terasah.

“Kedekatannya dengan kalangan guru dan kepala sekolah bisa menjadi basis dukungan. Jika Murison mampu memaksimalkan jaringan yang sudah dibangunnya maka peluangnya untuk memenangkan Pilkada cukup menjanjikan,” kata dia.

Kumaini Yahya menambahkan, Pilkada Kerinci 2024 akan menjadi ajang persaingan yang sengit. Setiap kandidat harus mampu menggalang dukungan yang luas dan menyampaikan visi yang sesuai dengan selera konstituen. “Popularitas, elektabilitas serta faktor lain akan sangat menentukan hasil akhir pemilihan ini,” pungkasnya.

BAGIKAN :