Asli Rawang, Politisi Mardi Afyan Diminta Ikut Bertarung Pilwako Sungaipenuh

Explorenews.net – Sejumlah tokoh Kota Sungai Penuh meminta putra asli daerah itu, Mardi Afyan, yang kini berkiprah di Provinsi Jambi untuk turun gunung.

Mereka meminta Mardi Afyan yang asli asal Rawang itu untuk ikut maju di ajang pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota (Pilwako) Sungai Penuh 2024.

Mardi adalah politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah malang melintang di dunia politik.

Ketika Sarko dimekarkan menjadi Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Merangin, Mardi kemudian menjadi anggota DPRD Sarolangun pada 2000-2004.

Tak hanya itu, Mardi Afyan juga pernah menjabat Sekretaris Partai Demokrat Provinsi  Jambi periode 2006-2011.

Tokoh pemuda Sungai Penuh, Jeff Radi, menyatakan bila memang Mardi Afyan bersedia turun gunung di Pilwako Sungai Penuh, maka akan menambah greget politik di kota pemekaran dari Kabupaten Kerinci itu.

Dia menjelaskan, Sungai Penuh terdiri dari beberapa wilayah kecamatan yang masing-masing memiliki tokoh yang hendak dimajukan pada Pilwako.

“Figur Pak Mardi Afyan diharapkan dapat mewakili aspirasi masyarakat Hamparan Rawang,” ujar Jeff kepada Metrojambi.com, Selasa (19/6/2024).

Dia menilai, ketokohan Mardi Afyan selama ini ini sudah dikenal masyarakat Sungai Penuh. Namanya sering mencuat dalam berbagai diskusi di kalangan politisi di kota itu.

Baca Juga:  Dugaan Dikondisikan, Jiwa Aktivis Imam Zarkasi Luntur.

“Dari perbincangan terakhir dengan beliau, beliau pun menyatakan siap,” ujarnya.

Dia mengatakan, Mardi Afyan akan dimajukan sebagai calon wakil Dr Alvia Santoni (Antos) yang juga Wakil Wali Kota saat ini.

Pasangan Antos-Mardi, tambah dia, pasti akan disambut hangat para tokoh masyarakat Sungai Penuh, khususnya Hamparan Rawang dan Pondok Tinggi.

Komunikasi Antos dengan tokoh-tokoh Hamparan Rawang selama ini juga terjalin dengan baik.

Di Hamparan Rawang, sejumlah tokoh berpengaruh antara lain Karnaini, Mushar, Dahnil Miftah dan Nusran Joher.

Hamparan Rawang memiliki mata pilih hampir 12.000. Sedangkan wilayah asal Antos, yakni Pondok Tinggi, memiliki mata pilih sekitar 13.000.

Inilah dua wilayah dengan mata pilih tertinggi di Kota Sungai Penuh. Karena itu, pasangan Antos-Mardi dinilai sangat ideal untuk mengalahkan calon lainnya.

Faktor lain yang membuat Mardi Afyan disambut masyarakat adalah kedekatannya dengan Gubernur Jambi Al Haris. “Animo masyarakat menerima itu (Antos-Mardi) pasti positif,” tegas Jeff.

Dihubungi terpisah, anggota DPRD yang juga Sekretaris PAN Sungai Penuh Karnaini pun menyambut baik masuknya nama Mardi di dalam bursa calon wali kota/wakil wali kota Sungai Penuh dari PAN.

Baca Juga:  Dihadapan Zulkifli Hasan, Afuan Yuza Tandatangani Pakta Integritas

“Mantab! Kalau PAN yang merekomendasi itu mantab,” ujar Karnaini menjawab Metrojambi.com.

Dia mengatakan, sejauh ini ada tiga nama dari luar PAN yang sudah meminang partai matahari terbit ini, yakni Ahmadi (wali kota petahana), Fikar Azami, dan Alvin.

Sedangkan dari internal selama ini tersebut nama Ketua PAN Sungai Penuh Yosadi, Hartono, Yos Adrino, dan Karnaini sendiri.

Namun, tambah Karnaini yang juga menjabat Ketua Tim Pilkada Sungai Penuh di PAN, belum ada yang memegang rekomendasi DPP.

Karena itu, masuknya Mardi Afyan tidak jadi masalah bagi kader-kader PAN lainnya. “Beliau kader PAN juga dan dekat dengan Gubernur,” tegasnya.

Mardi Afyan sendiri menyatakan siap turun gunung ke Sungai Penuh bila memang didukung oleh masyarakat.

Pria yang gemar olahraga sepakbola dan tenis meja ini mengatakan, walau selama ini berkiprah di luar daerah, dia memiliki darah murni Sungai Penuh.

Kedua orang tuanya berasal dan bermukim di Hamparan Rawang.

BAGIKAN :