Satu satunya Putra Terbaik 3 Dusun Maju Sebagai Bakal Calon Walikota Sungaipenuh.

Explorenews.net – Menjelang perhelatan Pilkada di Kota Sungai Penuh November 2024 mendatang, dinamika perpolitikan di Sungai Penuh kian seru, sejumlah calon yang telah mendeklarasikan diri untuk maju terus melakukan manuver politik guna mencapai hajat politiknya masing masing.

Dari sekian banyak nama yang ingin maju sebagai bakal calon Walikota Sungai Penuh, Cuma Antos yang dikabarkan telah mendapat perahu untuk bertarung di Pilwalko Sungai Penuh.

“Benar, Antos telah mendapatkan perahu guna untuk mendaftar di KPU nanti sebagai Calon Walikota Sungai Penuh,”ujar Weri, Selasa (9/7/2024).

Saat ini Dukungan dukungan untuk Antos merebut BH 1 R, terus berdatangan dari masyarakat yang ada di Kota Sungai Penuh, bahkan para Milenial.

“Solidnya partisan simpatisan dan tim pemenangan hingga dukungan masyarakat yang ada di Kota Sungai Penuh membuat kekuatan Antos di Pilwalko tidak bisa diragukan lagi,”tandas Weri salah seorang warga Koto Baru.

Menariknya lagi Alvia Santoni atau yang akrab disapa Antos merupakan satu-satunya Bakal Calon Walikota (Bacawako) yang berasal dari Tiga Dusun; Pondok Tinggi, Sungai Penuh dan Sungai Bungkal.

Baca Juga:  Dugaan Dikondisikan, Jiwa Aktivis Imam Zarkasi Luntur.

Peta politik saat ini, dari sekian putra terbaik ataupun tokoh Tiga Dusun yang maju, hanya Antos yang berebut posisi 01 Kota Sungai Penuh, sedangkan tokoh lainnya maju sebagai bakal calon wakil walikota alias 02.

Tentunya hal ini, menurut pengamat peluang Antos begitu kuat di Pilwako Sungai Penuh, terutama di wilayah Tiga Dusun yang menjadi barometer politik Kota Sungai Penuh.

Bukhari Mualim pengamat yang juga akademisi ini menilai kekuatan Antos kalau dilihat secara basis pemilihan tak bisa dipandang remeh. Bahkan secara basis pemilih, Antos berada di pemilih terbesar di Kota Sungai Penuh. Bila Antos mampu mengupayakan kekuatan di Pondok Tinggi, termasuk wilayah Tiga Dusun lainnya maka peluang makin besar.

Sebab dilihat sejarah kebelakang selama pemilihan langsung, belum pernah ada calon 01 dari Tiga Dusun berhasil menjadi Walikota Sungai Penuh. Sehingga tinggal bagaimana strategi Antos nantinya agar sejarah 01 dari Tiga Dusun bisa tercipta dalam pesta Demokrasi ini. Apalagi selama ini Tiga Dusun hanya mampu sebatas wakil walikota.

Baca Juga:  Dihadapan Zulkifli Hasan, Afuan Yuza Tandatangani Pakta Integritas

Antos bisa memanfaatkan kekuatan Pondok Tinggi yang kita tahu salah satu basis politik besar. Jadi jelas ini akan sangat ditentukan oleh isu-isu politik dan sejauh mana Antos mampu membangun narasi dan manuver politik aktual. Karena ini adalah peluang bagi pondok tinggi yang selama ini selalu didorong dan memperpanjang deretan koleksi calon 02,” jelasnya

Ditambahkan Burhanudin salah seorang warga Sungai Penuh yang juga pemerhati politik mengatakan disamping di Tiga Dusun, Antos juga bakal mampu menggarap pemilih Minang, karena istrinya merupakan keturunan Minang, Pesisir. Selain itu di lima koto Kecamatan Pesisir Bukit yang disebut-sebut basis Bacawako Ahmadi, juga akan menjadi target Antos karena orangtuanya berasal dari daerah Pesisir Bukit.

“Jadi kalau kita lihat selain di tiga dusun, melihat aktivitas yang selalu dilakukan Antos juga diterima di luar tiga dusun seperti koto baru, hamparan serta kecamatan lainnya. Sehingga nantinya peluang dukungan untuk Antos terbuka lebar diluar basis Tiga Dusun,”ungkapnya.

BAGIKAN :