Diduga Plt Kepsek SD N 049 Debai Selewengkan Dana BOS

Explorenews Sungai Penuh – Bantuan operasional sekolah (BOS) diduga dijadikan penganti uang yang sudah disetor untuk menjadi Definitif Kepala Sekolah.

Kejadian ini terjadi di Sekolah Dasar Negeri 049 Debai Kota Sungai Penuh, Plt kepala sekolah SD N 049 Debai berinisial (DR) memanpaat kan kekuasan dan selewengkan Dana BOS sebagai penganti uang yang sudah di setor agar menjadi Definitif Kepala Sekolah.

Penyelewengan ini terjadi pada pencairan dana bos untuk triwulan satu dan dana bos triwulan dua anggaran dana bos tahun ajaran 2018 yang dilakukan Plt.kepsek SD N 049 Debai (DR).

Salah seorang guru pada saat di komfirmasi membenarkan adanya  penyelewengan dana BOS disekelohnya.

Baca Juga:  Breaking!! DPD Partai Nasdem Kerinci Rekomendasi Monadi Sebagai Calon Bupati

“Penyelewengan terjadi di Dana bos triwulan satu dan triwulan dua tahun 2018 dan tidak di fungsikan bendahara oleh pelaksana tugas kepala sekolah,”Jelas Sumber.

Sumber juga menambahkan saat saya hubunggi Kepsek SD N 049 Debai DR mengatakan dana bos belum bisa direalisasi karena mau di jadikan penganti uang yang di bayarnya ke TB agar di tetapkan menjadi definitif kepala sekolah.

“Sudah setor, namun pas penetapan kepala sekolah definitif nama DR tidak tercantum, Dana BOS dijadikan sebagai penganti uang yang sudah disetor,”Ungkap Sumber

Sementara itu, Plt Kepsek SD N 049 Debai DR saat komfirmasi mengatakan telah bayar dengan (TB) untuk di tetapkan menjadi kepala sekolah difinitif di SD N 049 debai sebesar 10.000.000.

Baca Juga:  Hadiri Pisah Sambut Dandim 0417, Ini Kata Kakan Imigrasi Kerinci

“Untuk ditetapkan sebagai kepala sekolah definitif saya setor ke TB sebesar 10.000.000,”Kata DR.

Pada waktu penetapan menjadi kepala sekolah definitif, nama DR tidak terjaring di dalamnya, sehingga dana BOS yang menjadi sasaran sebagai pengganti uang yang telah di bayar ke TB.

Semua tindakan yang di lakukan DR sebagai pelaksana tugas Kepsek di SD 049 Debai diduga telah melakukan penyelewengan dana BOS, besar kemungkinan spj dana BOS yang di buat piktif. (Raflis/Ade)

BAGIKAN :

Comment